Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dan Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara Hadiri Sosialisasi Kampung Moderasi Beragama

KLIK24.NEWS Modayag – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto S.Sos, M.Si, dan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), H. Sarbin Sehe, S.Ag., M.P.d.I., menghadiri acara sosialisasi dan peresmian Kampung Moderasi Beragama yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Utara di Desa Modayag Tiga, Kecamatan Modayag pada Rabu (23/08/2023).

Acara ini juga mencakup penyerahan penghargaan oleh Kementerian Agama kepada Bupati Boltim atas penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2023, serta penanda tanganan prasasti dan penabuhan gong untuk Moderasi Beragama Tahun 2023 oleh Bupati Sam Sachrul Mamonto.

BACA JUGA : Razia Gabungan Terjaring Puluhan Siswa Berkeliaran di Luar Jam Sekolah

Kegiatan sosialisasi dan peresmian Kampung Moderasi Beragama ini bertujuan untuk mempromosikan moderasi beragama sebagai fondasi penting dalam menjaga kelangsungan pembangunan nasional dan memastikan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjaga dengan baik.

Kepala Kantor Kementerian Agama Sulut, H. Sarbin Sehe, dalam sambutannya, menekankan pentingnya moderasi beragama sebagai strategi persiapan yang esensial untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan memelihara keutuhan bangsa.

“Moderasi beragama bukanlah upaya untuk mengurangi makna ajaran agama, melainkan lebih pada pemahaman yang seimbang dan bijak,” ucap Kakanwil Sulut. Bupati Sam Sachrul Mamonto menyampaikan pentingnya menyamakan persepsi tentang bagaimana menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Moderasi bukan mengurangi atau menurunkan nilai agama, tetapi bagaimana kita menyatukan cara pandang tentang kerukunan beragama di Indonesia, serta menciptakan toleransi antar umat beragama agar negara kita dapat mengedepankan silaturahmi yang berkesinambungan,” ujar Bupati Sam Sachrul Mamonto.

Dia juga mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan sosialisasi dan peresmian Kampung Moderasi Beragama di Boltim dan mengajak seluruh masyarakat Boltim untuk menjaga silaturahmi antar umat beragama.

BACA JUGA : PLN Dukung Suksesnya Gorontalo Karnaval Karawo 2023 dengan Pasokan Listrik Stabil

“Apresiasi saya yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Agama Kabupaten Boltim dan kepada Kanwil yang telah melaksanakan peluncuran Kampung Moderasi Beragama di Modayag Tiga dan Tutuyan Tiga. Semoga ini akan menjadi contoh bagi desa-desa lain bahwa kita harus merawat silaturahmi dan keberagaman kita. Ketika ada penilaian seperti ini, desa-desa lain juga akan menjadi Kampung Moderasi Beragama,” tambah Bupati Sam Sachrul Mamonto.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *