Bupati Boltim, Meminta Kepada seluruh Kepala Daerah di BMR Untuk Lebih Memperhatikan Serius Dengan Kegiatan Menyangkut Adat dan Budaya

KLIK24. NEWS Boltim – Bupati Boltim, Kegiatan Bakid Moloben II Amabom Raya yang di selenggarakan oleh Dewan Adat Amabom Raya di Ball Room Hotel Sutan Raja Kotamobagu pada Minggu (02/07/2023), di hadiri oleh Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto S.Sos M.Si.

Saat menyampaikan sambutannya, Sachrul menyampaikan pandangan berkaitan dengan pelestarian Adat dan Budaya Mongondow.

“‘Adat tidak bisa dipisahkan dari Pemerintah itu adalah satu kesatuan yang harus ada komunikasi, tidak boleh kemudian adatnya berdiri sendiri dan pemerintahnya berjalan sendiri, bagaimana caranya , ini saya beri masukkan sedikit, kita harus berkoordinasi dengan seluruh Kepala Daerah yang ada di Bolaang Mongondow Raya (BMR) dan yang harus dilakukan pertama adalah agar kemudian Perda apapun yang akan di tetapkan oleh Pemerintah itu,”sambutnya.

BACA JUGA : Pengembangan Smart Meter AMI Oleh PLN Mendapat Dukungan Komisi VII DPR RI

Berkesesuaian dengan keinginan dari Adat yang ada di sini, yang pertama adat adalah warisan paling purba kita.

“menyangkut aspek social, budayanya, hukumnya walaupun tidak tertulis tapi itu dilakukan dan diwariskan oleh nenek moyang kita,”ucapnya.
Lanjut Sachrul, meminta Kepada seluruh Kepala Daerah di BMR untuk lebih memperhatikan serius dengan kegiatan menyangkut Adat dan Budaya.

“Nah satu hal yang ingin saya gugah kepada seluruh Pemerintah Bolmong Raya Bahwa jangan pernah menyepelekan hal – hal seperti ini, khusus acara adat walaupun banyak kesibukan saya sebagai kepala daerah saya berusaha hadir dikegiatan ini karana ini penting ini menyangkut marwah masyarakat Bolaang Mongondow,”tutupnya.(Aji)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *