Wamenag Ajak Umat Muslim Manfaatkan Perayaan 1 Muharram sebagai Waktu Intropeksi dan Memperkuat Ikatan Sosial

KLIK24.NEWS JakartaWamenag Ajak Umat Muslim Dalam suasana penuh semangat dan kebersamaan, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki mengajak seluruh umat muslim Indonesia untuk merayakan peringatan 1 Muharram 1445 H sebagai momentum penting bagi intropeksi diri dan memperkuat ikatan sosial. Ajakan ini disampaikan saat Gebyar Hijriah Tahun Baru Islam 1445 H yang digelar di Masjid Istiqlal Jakarta, mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Wamenag Saiful Rahmat Dasuki menyampaikan bahwa perayaan Tahun Baru Hijriah menjadi kesempatan yang berarti bagi umat muslim Indonesia untuk merenungkan dan memaknai hidup, baik dari segi fisik maupun rohani. Hal ini merupakan bentuk upaya untuk memperkuat ikatan sosial dan hubungan yang harmonis antarwarga negara yang hidup dalam keragaman budaya dan suku.

BACA JUGA : Misteri Kota Gaib Wentira: Jejak Benua Atlantis di Perbatasan Jalan Trans Sulawesi

“Dalam konteks Indonesia, Tahun Baru Hijriah menjadi momentum penting bagi umat muslim untuk merefleksikan diri secara lahir dan batin. Momentum ini memiliki makna semangat yang kuat untuk mempererat hubungan baik antarsesama umat manusia dan memperkuat ikatan sosial di tengah masyarakat Indonesia yang sangat beragam,” kata Saiful Dasuki dalam pidatonya pada Rabu (19/7/2023).

Lebih lanjut, Wamenag juga menegaskan pentingnya memanfaatkan momen ini untuk mengenang peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah sebagai inspirasi dalam menghadapi perubahan dan tantangan di era modern. Dengan berintrospeksi dan meningkatkan hubungan sosial yang positif, umat muslim diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara serta menjalin perdamaian dan kerukunan antarumat beragama di Indonesia.

BACA JUGA : Peringatan 1 Muharram: Memahami Makna Sejarah Pentingnya Tahun Baru Hijriyah

Gebyar Hijriah Tahun Baru Islam 1445 H di Masjid Istiqlal Jakarta menjadi panggung berbagai kegiatan positif dan edukatif, seperti kajian agama, ceramah keagamaan, dan acara sosial. Selain itu, dalam semangat berbagi dan kepedulian sosial, panitia juga menyelenggarakan bazar amal dan kegiatan penggalangan dana untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Ajakan dari Wamenag Saiful Rahmat Dasuki tersebut diharapkan dapat dijadikan teladan oleh seluruh umat muslim Indonesia dalam menghadapi masa depan yang penuh dengan harapan dan tantangan. Dengan merayakan 1 Muharram 1445 H sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri dan memperkuat keterikatan sosial, diharapkan bangsa Indonesia dapat terus bersatu dalam keberagaman dan mencapai kemajuan yang berkelanjutan. Selamat Tahun Baru Islam 1445 H!***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *