Produk UMKM Binaan PLN Laris Manis di Puncak Acara Gernas BBI-BBWI di Palu

KLIK24.NEWS  Palu – Produk dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi binaan PT PLN (Persero) sukses meraih kesuksesan pada gelaran Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI-BBWI). Acara ini berlangsung di Taman Gor Kota Palu, Sulawesi Tengah, selama tanggal 5-6 Agustus 2023.

BACA JUGA : Pertandingan Sepak Bola Wanita Meriahkan HUT RI ke-78 di Kota Kotamobagu

Sebanyak 13 UMKM binaan PLN turut serta dalam acara ini, termasuk 11 UMKM yang menjual berbagai jenis makanan ringan, 1 UMKM yang menghadirkan kopi khas Palu, dan 1 UMKM yang menampilkan kain Cofo. Produk-produk dari UMKM ini mendapatkan respon positif dari pembeli, termasuk tamu VIP yang hadir dalam acara tersebut. Setiap UMKM mampu meraih keuntungan hingga lebih dari 1,5 juta rupiah pada hari pertama acara berlangsung.

Gernas BBI-BBWI merupakan gerakan yang berfokus pada mendorong belanja produk dalam negeri dan wisata di Indonesia. Gerakan ini merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah, BUMN, asosiasi, dan sektor swasta melalui kampanye, integrasi, penyediaan akses yang terjangkau, serta penerapan aspek keberlanjutan.

Pada pembukaan acara, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Ma’mun Arif, tampak antusias dalam menjelajahi dan membeli beragam produk unggulan yang dipamerkan, termasuk di booth PLN Peduli.

“Komitmen Pemerintah Sulawesi Tengah dalam mendorong pengembangan UMKM terus ditingkatkan. Kehadiran UMKM sangat penting dalam menggerakkan roda perekonomian. Kami harus berkolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya PLN. Terima kasih atas partisipasinya, semoga kontribusi ini akan memberikan manfaat jangka panjang,” ujar Ma’mun.

J.A Ari Dartomo, General Manager PLN Unit Induk Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo, menyambut baik kunjungan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah di booth PLN. Ia menyatakan bahwa acara ini menjadi kesempatan yang berharga untuk mendukung pengembangan UMKM serta memperkenalkan produk-produk lokal kepada khalayak yang lebih luas.

“PLN senantiasa mendukung UMKM agar dapat berkembang dengan sehat dan memasarkan produknya lebih luas. Melalui kegiatan ini, kami juga ingin menunjukkan komitmen kami dalam menciptakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan,” ungkap Dartomo.

BACA JUGA : Wali Kota Kotamobagu Hadiri Malam Grand Final Lomba Dana – Dana dalam Rangka HUT RI ke-78

Dalam upaya mempercepat pengembangan UMKM yang sehat, PLN telah menyediakan wadah khusus bagi para pelaku UMKM melalui fitur marketplace dalam aplikasi PLN Mobile. Fitur ini memungkinkan para pelaku UMKM untuk memasarkan dan mempromosikan produk-produk mereka secara digital. Langkah ini merupakan salah satu upaya PLN dalam mendukung prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) untuk pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.(06/08/2023)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *