Mewujudkan Mimpi Indonesia: Biografi Dirilis dalam Bahasa Korea, Inspirasi Global

Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto (kiri), Pendiri Museum Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana (tengah), dan Penulis buku biografi "Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia" yang juga Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kanan) foto bersama setelah penyerahan rekor MURI. Darmawan menjadi penulis buku pertama dan terlengkap tentang Presiden Republik Indonesia dalam Bahasa Korea. Tingginya antusiasme masyarakat Korea Selatan dalam acara ini juga membuat Gandi Sulistiyanto mendapatkan rekor MURI sebagai penyelenggara Festival Indonesia dengan pengunjung terbanyak yaitu mencapai 10 ribu pengunjung.

KLIK24.NEWS Seoul – Buku biografi “Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia” karya Darmawan Prasodjo telah dirilis dalam versi Bahasa Korea, menandai capaian baru dalam menginspirasi dunia internasional. Peluncuran buku ini berlangsung pada acara Festival Indonesia di Gwanghwamun Plaza, Seoul, Korea Selatan, pada Jumat (29/9).

BACA JUGA : Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat, Pj. Wali Kota Kotamobagu, DR. Drs. Asripan Nani, M.Si. Harap Alumni IKTGM Menjadi Agen Perubahan

Joko Widodo, Presiden Indonesia, kini diakui sebagai tokoh inspiratif oleh pemimpin negara-negara di seluruh dunia. Dalam bukunya, Darmawan Prasodjo menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai penulis buku pertama dan terlengkap tentang Presiden Indonesia dalam Bahasa Korea.

Piagam Penghargaan Museum Rekor Indonesia diberikan kepada penulis buku biografi “Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia” yang sekaligus Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo sebagai penulis buku pertama dan terlengkap tentang Presiden Republik Indonesia dalam Bahasa Korea.

Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto, mengungkapkan, “Saya mendorong beliau untuk membuat versi Bahasa Korea, karena memang banyak orang di Korea sangat terinspirasi oleh karakter dan gaya kepemimpinan Presiden Jokowi.”

Dalam biografi ini, Darmawan menguraikan karakter holistik, visi, dan misi Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan mimpi Indonesia dari seluruh lapisan masyarakat. Buku ini merangkum pencapaian Jokowi dalam membangun Indonesia, termasuk pemerataan layanan dasar, pembangunan ekonomi kerakyatan, dan infrastruktur yang menghubungkan provinsi-provinsi.

Pendiri Museum Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana (kiri) menyerahkan rekor MURI kepada penulis buku biografi “Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia” Darmawan Prasodjo (tengah) dalam acara Festival Indonesia di Gwanghwamun Plaza, Seoul, Korea Selatan pada Jumat (29/9). Darmawan menjadi penulis buku pertama dan terlengkap tentang Presiden Republik Indonesia dalam Bahasa Korea. Turut menyaksikan penyerahan rekor tersebut Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto (kanan).

Sebagai Direktur Utama PLN, Darmawan juga menyoroti dampak ekonomi positif dari infrastruktur yang dibangun selama pemerintahan Jokowi. Ia menekankan bahwa pembangunan jalan tol dan infrastruktur lainnya meningkatkan mobilitas, menurunkan biaya logistik, dan memacu pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor.

Darmawan juga menggambarkan perubahan di batas negara yang dulunya mati dan kini menjadi hidup, terutama di Aruk dan Entikong, Kalimantan Barat. Pembangunan infrastruktur membawa perubahan signifikan dalam kehidupan masyarakat di perbatasan.

Penulis buku biografi “Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia” sekaligus Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo saat menyampaikan sambutan launching buku tersebut versi bahasa Korea dalam acara Festival Indonesia di Gwanghwamun Plaza, Seoul, Korea Selatan pada Jumat (29/9). Dalam biografi, Darmawan membeberkan narasi holistik karakter serta visi dan misi Presiden Joko Widodo dalam memetakan mimpi Indonesia dari seluruh rakyat dan membangunnya dalam sebuah kebijakan. Buku ini juga merangkum capaian-capaian Jokowi dalam membangun Indonesia di berbagai bidang, mulai dari membangun pemerataan layanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan, pembangunan ekonomi kerakyatan hingga infrastruktur yang menghubungkan jalan-jalan utama di berbagai provinsi yang mampu membangun kesejahteraan.

Selain itu, Darmawan mencatat keberhasilan Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19. Ia menegaskan bahwa fondasi kokoh infrastruktur menjadi kunci kesuksesan Indonesia dalam mengatasi krisis.

BACA JUGA : Berbagi Pengalaman Indah Saat Bersekolah, Pj. Wali Kota Asripan Nani Hadiri Reuni Akbar SPG Negeri Kotamobagu

Prestasi-prestasi ini menarik perhatian pemimpin, tokoh, dan organisasi dari seluruh dunia untuk mempelajari kepemimpinan Jokowi. Buku biografi ini telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dan Korea, dan sedang dalam proses penerbitan untuk Bahasa Arab, Spanyol, Swahili, dan Jepang. Darmawan berharap peluncuran ini bukan hanya penerjemahan, melainkan juga memperkuat hubungan Indonesia dengan negara-negara di seluruh dunia, tidak hanya secara diplomatik, tetapi juga melalui kerja sama ekonomi, teknologi, SDM, investasi, dan sebagainya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *