CEO Forum 2023: PLN Ajak Perusahaan Kolaborasi Bangun Bisnis Berkelanjutan

Menteri Keuangan Sri Mulyani (tengah), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (empat dari kiri), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, (empat dari kanan), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (tiga dari kiri), Komisaris Utama PLN Agus D. Martowardojo (tiga dari kanan), Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (dua dari kiri), Rektor Unika Atma Jaya, Dr. A. Prasetyantoko (dua dari kanan), CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama (kiri), dan Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra foto bersama setelah Diskusi Panel acara Kompas100 CEO Forum Powered by PLN, di Balikpapan, Rabu (01/11).

KLIK24.NEWS Balikpapan – PT PLN (Persero) mengajak perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk berkolaborasi dalam membangun bisnis berkelanjutan, sebagai langkah mendukung transisi energi dan mencapai visi Indonesia Emas 2045. Kegiatan ini diinisiasi dalam CEO Forum Powered by PLN yang berlangsung di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Rabu (1/11/2023).

BACA JUGA : Polres Kotamobagu Galang Bersatu dalam Aksi Penanaman Pohon untuk Lingkungan Hijau

Dalam acara tersebut, Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani, menekankan bahwa transisi energi memerlukan dukungan dari semua pihak, termasuk dunia usaha. Keterlibatan perusahaan dianggap penting karena transisi menuju energi baru terbarukan memiliki konsekuensi finansial dan investasi yang signifikan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo saat menyampaikan sambutan dalam sesi diskusi panel Menteri pada acara Kompas100 CEO Forum Powered by PLN, di Balikpapan, Rabu (01/11). Dirinya menegaskan komitmen PLN untuk mendorong ekosistem yang kondusif, sehingga produktivitas para pelaku usaha di Indonesia makin meningkat dalam menuju visi Indonesia emas 2045.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan komitmen PLN dalam menciptakan ekosistem ekonomi yang kondusif sambil menjaga lingkungan. Hal ini sejalan dengan program transisi energi pemerintah menuju Net Zero Emissions 2060. Diskusi panel di acara ini melibatkan pemimpin sektor bisnis, Menteri Perhubungan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Kesehatan, dan Komisaris Utama PLN.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menyoroti perlunya strategi fiskal jangka panjang dan kolaborasi antara Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan dunia usaha untuk mendukung upaya transisi energi di Indonesia. Dalam konteks ini, ia menekankan bahwa industri hijau harus memulai dari sumber energi yang hijau.

Menteri Keuangan Sri Mulyani (tiga dari kiri) bersama Komisaris Utama PLN Agus Martowardojo, (dua dari kiri), Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kanan), CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama (dua dari kanan), dan Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Sutta Dharmasaputra (kiri) saat berjalan masuk ke lokasi Diskusi Panel acara Kompas100 CEO Forum Powered by PLN, di Balikpapan, Rabu (01/11).

Darmawan Prasodjo menambahkan bahwa sektor perekonomian dihadapkan pada tantangan dampak perubahan iklim. PLN berkomitmen untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi sambil menjaga keberlanjutan lingkungan. Ia menegaskan pentingnya mengubah paradigma menjadi “forward looking,” di mana pertumbuhan ekonomi sejalan dengan keberlanjutan lingkungan.

BACA JUGA : Pasca-Holocaust, Orang Yahudi Migrasi ke Tanah Palestina untuk Mewujudkan Impian Zionisme

CEO Forum 2023 ini diharapkan menjadi platform untuk mendorong kolaborasi dan inovasi di antara perusahaan, mendukung visi Indonesia Emas 2045, dan mencapai keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *