PT PLN (Persero) Resmi Lanjutkan Transformasi Menuju PLN 2.0 di Hari Listrik Nasional ke-78

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir (dua dari kanan), bersama Komisaris Utama PLN Agus D. Martowardojo (kanan), Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (dua dari kiri) dan Wakil Menteri Keuangan sekaligus Wakil Komisaris Utama PLN Suahasil Nazara memasukan kartu sebagai simbol dimulainya transformasi 2.0 PLN pada acara Festival Hari Listrik Nasional ke-78 di Indonesia Arena, Jakarta, Sabtu (4/11).

KLIK24.NEWS Jakarta – PT PLN (Persero) Hari Listrik Nasional ke-78 menjadi momentum penting bagi PT PLN (Persero) untuk menegaskan peran strategisnya dalam transformasi energi Indonesia. Setelah sukses menjalankan transformasi 1.0, PLN kini melangkah ke tahap transformasi 2.0.

BACA JUGA : Beri Motivasi Menjadi Hafidz Quran, Pj. Wali Kota Kotamobagu Wisuda 1115 Santri

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan bahwa PLN, sebagai jantung Indonesia, memiliki peran kritis dalam mendorong kemajuan di berbagai sektor. Dalam sambutannya, Erick mengapresiasi upaya PLN dalam bertransformasi menjadi perusahaan energi terdepan, terutama dalam menghadapi krisis pemanasan global dan adaptasi terhadap perubahan industri.

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir saat menyampaikan sambutan dalam Festival Hari Listrik Nasional ke-78 di Indonesia Arena, Jakarta, Sabtu (4/11). Dirinya kembali menegaskan bahwa PLN seperti jantung pada tubuh manusia. PLN berperan kritis dalam mendorong kemajuan di berbagai bidang.

“PLN harus berani bertransformasi karena ini era listrik hijau. Kalau kita tidak menghasilkan listrik hijau, barang produksi di Indonesia, barang-barang UMKM yang diproduksi sekarang, tidak bisa diperjualbelikan karena harus menggunakan listrik hijau. Artinya kita bertanggung jawab semua di sini,” ujar Erick Thohir.

Erick Thohir berharap PLN terus mendorong pengembangan EBT (Energi Baru Terbarukan) seperti listrik dari matahari, angin, dan air. Ia juga memberikan apresiasi terhadap proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 50 Megawatt di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai bukti keberhasilan transformasi PLN.

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir saat menyampaikan sambutan di hadapan belasan ribu pegawai pada acara Festival HLN di Indonesia Arena, Jakarta, Sabtu (4/11).

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, mengungkapkan bahwa transformasi PLN dimulai tiga tahun lalu dengan arahan Menteri BUMN. PLN berhasil membangun fondasi inovasi dan efisiensi, melakukan digitalisasi end-to-end, serta mengintegrasikan aset melalui holding subholding.

“Hasil dari transformasi digital mampu membuat PLN mencatatkan kinerja keuangan terbaik sepanjang sejarah. Kami terus berupaya melakukan lompatan besar PLN. Ini dilakukan demi memastikan sektor energi terus berekspansi,” kata Darmawan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tengah) bersama pembawa acara Vincent (kiri) dan Desta (kanan) saat menyapa insan PLN dalam acara Festival Hari Listrik Nasional ke-78 di Indonesia Arena, Jakarta, Sabtu (4/11).

Darmawan Prasodjo melanjutkan bahwa PLN kini fokus pada transformasi 2.0 dengan konsep ‘Moonshot Thinking’, yang mencakup pertumbuhan bisnis dan pencapaian Net Zero Emissions (NZE). PLN bertujuan menjadi Global Top 500 World Class Company dengan mempercepat pertumbuhan bisnis dan berkomitmen pada emisi nol pada tahun 2060.

Melalui Net Zero Emissions moonshot, PLN akan menjadi pendorong kemajuan yang menyejahterakan masyarakat dan mengembangkan kawasan berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai pusat ekonomi hijau dunia. “PLN terus mewujudkan mimpi Indonesia maju, berjaya, dan digdaya. Kami terus berupaya melakukan lompatan besar PLN, membangun ekosistem digital berbasis Big Data dan Artificial Intelligence,” tambah Darmawan.

BACA JUGA : PLN Menegakkan Prinsip Lingkungan Berkelanjutan, Restorasi 308 Hektar Tandus Jadi Paru-paru Baru Indonesia

Transformasi ini diharapkan membuat PLN bukan hanya sebagai perusahaan listrik, tetapi juga sebagai perusahaan teknologi berbasis inovasi. PLN ingin menjadi leading sector bisnis masa depan dan solusi kebutuhan bagi masyarakat, serta memastikan sektor energi terus berkembang sebagai jantungnya Indonesia.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *