Inovasi Layanan Masyarakat: Peluncuran Aplikasi Siap Tertib di Kota Kotamobagu

KLIK24.NEW Kota Kotamobagu – Inovasi Layanan Masyarakat, Sejalan dengan semangat perubahan dan peningkatan layanan kepada masyarakat, Pj. Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., memimpin peluncuran Aplikasi Siap Tertib. Acara ini berlangsung di Lapangan Olahraga Desa Kopandakan Satu pada Jumat, 10 November 2023.

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kotamobagu, Sahaya Mokoginta S.STP., M.E, menyampaikan bahwa peluncuran aplikasi Siap Tertib adalah sebuah langkah inovatif untuk meningkatkan layanan terkait dengan keamanan, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat. Dalam pernyataannya, Sahaya Mokoginta menjelaskan bahwa aplikasi ini menjadi solusi efektif dalam pelaporan gangguan keamanan, ketertiban, dan kebakaran.

BACA JUGA : Penangkapan Dugaan Peredaran Obat Keras: Sat Resnarkoba Polres Kotamobagu Berhasil Amankan Tersangka

“Masyarakat dapat mendownload aplikasi SIAP TERTIB ini di Play Store, dan apabila ada gangguan keamanan, trantibum, dan bencana kebakaran, maka dapat dilaporkan melalui aplikasi ini dengan cepat. Biasanya, ketika ada kejadian, masyarakat masih mencari nomor telepon Damkar, Satpol PP, atau pihak keamanan untuk melaporkan. Nah, dengan aplikasi ini, laporan terhadap kejadian yang emergency dapat segera diinformasikan,” ujar Sahaya Mokoginta.

Aplikasi Siap Tertib diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam memberikan laporan di tempat kejadian. Laporan yang disampaikan akan otomatis terkirim kepada tim pelaksana yang terdiri dari tim terpadu. Lokasi kejadian akan ditampilkan secara otomatis oleh Google Maps, memudahkan tim pelaksana dan tim terpadu untuk melihat jalur dan lokasi tempat kejadian, baik gangguan keamanan maupun bencana kebakaran.

BACA JUGA : Seni dan Kreativitas: Menyelami Dunia Kreasi di Indonesia

Sahaya Mokoginta juga menegaskan bahwa Pemerintah Kota Kotamobagu telah membuat nota kesepahaman dengan instansi seperti Polres Kotamobagu, Kodim 1303, dan sub Denpom untuk kelancaran pelaksanaan penanganan laporan.

Turut hadir dalam peluncuran ini adalah perwakilan Forkopimda, para Asisten, serta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu. Pj. Wali Kota dan para pemangku kepentingan berharap bahwa Aplikasi Siap Tertib dapat menjadi alat efektif dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Kota Kotamobagu serta memberikan respons cepat dalam situasi darurat.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *