Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023: Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa

KLIK24.NEW Kota Kotamobagu – Dalam momen penuh makna, Pj. Wali Kota Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., memegang peran sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Pahlawan ke-78. Upacara berlangsung di Lapangan Olahraga Desa Kopandakan Satu pada Jumat, 10 November 2023.

BACA JUGA : Penangkapan Dugaan Peredaran Obat Keras: Sat Resnarkoba Polres Kotamobagu Berhasil Amankan Tersangka

Dengan penuh khidmat, Pj. Wali Kota membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini. Tema peringatan kali ini, “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan,” dipilih dengan pertimbangan mendalam.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota mengungkapkan bahwa tema tersebut merupakan refleksi dari keberanian dan pengorbanan para pahlawan dalam membela kebenaran dan mengutamakan kepentingan bangsa di atas segalanya. “Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri,” ujar Pj. Wali Kota.

Mengaitkan peringatan Hari Pahlawan dengan tantangan zaman modern, Pj. Wali Kota menekankan bahwa Indonesia sebagai pasar yang besar dan kaya sumber daya alam memiliki tanggung jawab besar dalam mengelola kekayaan alam dan potensi penduduknya. “Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara,” tambahnya.

Pj. Wali Kota juga memotivasi para hadirin dengan mengingatkan bahwa ancaman dan tantangan akan dapat diatasi jika dihadapi dengan semangat dan nilai-nilai perjuangan yang sama seperti yang dicontohkan para pahlawan pada 10 November 1945. “Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan,” tegasnya.

Setelah upacara peringatan, Pj. Wali Kota beserta perwakilan Forkopimda, Instansi Vertikal, Asisten, Pimpinan OPD, TNI, Polri, Camat, Lurah, dan Sangadi beserta ASN melaksanakan Ziarah Nasional ke Taman Makam Pahlawan (TMP) – Kelurahan Mongkonai Barat Kecamatan Kotamobagu Barat. Turut hadir juga perwakilan dari berbagai unsur masyarakat dan pemerintahan.

BACA JUGA : Penangkapan Dugaan Peredaran Obat Keras: Sat Resnarkoba Polres Kotamobagu Berhasil Amankan Tersangka

Peringatan Hari Pahlawan di Kota Kotamobagu tahun ini menjadi momentum untuk merenung, menghormati, dan mengambil inspirasi dari perjuangan para pahlawan. Semangat pahlawan diharapkan akan terus membakar semangat dan dedikasi untuk membangun masa depan bangsa yang lebih baik.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *