Sukses Tanpa Kedip, PLN (Persero) Amankan Pasokan Listrik Andal di Final FIFA World Cup U-17

Tim nasional Jerman saat merayakan kemenangan atas tim nasional Perancis dan menjadi juara gelaran FIFA World Cup U-17 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (2/12).

KLIK24.NEWS Surakarta – Sukses Tanpa Kedip, PT PLN (Persero) meraih kesuksesan besar dengan memasok listrik andal tanpa henti (zero downtime) dalam pertandingan Final FIFA World Cup U-17 di Stadion Manahan Solo pada Sabtu (2/12). Keberhasilan ini menjadikan PLN sebagai penyelenggara listrik yang dapat diandalkan, mengamankan pasokan energi selama pertandingan sengit antara tim nasional Jerman dan Prancis.

BACA JUGA : Menguak Keahlian Balap Marc Marquez, Memahami Teknik Berkendara yang Mengagumkan

Dalam upayanya untuk mendukung penyelenggaraan FIFA World Cup U-17, PLN memberikan dukungan maksimal mulai dari tahap penyisihan hingga babak final, yang melibatkan beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Solo.

Gemerlap lampu Stadion Manahan, Solo saat menjadi tuan rumah final FIFA World Cup U-17 antara tim nasional Jerman melawan tim nasional Perancis, Sabtu (2/12).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan komitmennya untuk menjaga keandalan pasokan listrik sepanjang turnamen ini. “Ajang ini menjadi wajah Indonesia di mata dunia. Untuk itu, PLN memastikan pasokan listrik terus andal mulai dari persiapan hingga babak final. Dengan kesuksesan ini, diharapkan Indonesia juga akan semakin dipercaya dalam gelaran ajang-ajang olahraga lingkup Internasional,” ujar Darmawan.

PLN menggelar operasi kelistrikan dengan melibatkan lebih dari 900 personel di empat kota penyelenggaraan. Peralatan pendukung yang dikerahkan meliputi 31 Uninterruptible Power Supply (UPS), 25 Genset, dan 19 Unit Gardu Bergerak (UGB).

Petugas PLN memantau langsung kondisi kelistrikan pada partai Final FIFA World Cup U-17 dari Mobile Electricity Distribution Command Post di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (2/12).

Pada pertandingan final, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Mohammad Soffin Hadi, menjelaskan bahwa keberhasilan PLN dalam menyediakan listrik selama pertandingan Final ini didukung oleh skema pengamanan listrik 5 lapis. Termasuk di dalamnya tiga sumber penyulang kelistrikan, UPS, dan genset sebagai lapisan terakhir. Soffin juga menambahkan, “Kami bersyukur acara final berlangsung dengan meriah dengan listrik yang andal meskipun hujan turun hampir sepanjang pertandingan.”

PLN memantau area Stadion Manahan yang luasnya mencapai 170.000 meter persegi dengan menempatkan Mobile Electricity Distribution Command Post sebagai posko kendali. Posko ini bertujuan untuk memantau seluruh kegiatan operasi kelistrikan dari hulu hingga stadion utama dan lapangan latihan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Jateng, Moch. Soffin Hadi tengah melakukan peninjauan sistem kelistrikan sebelum pertandingan final FIFA World Cup U-17 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (3/12).

Stadion Manahan Solo sendiri menggunakan lampu LED berkekuatan tinggi dengan sistem penerangan Field Of Play (FOP) sebesar 1.500 lux, dapat dioptimalkan hingga 2.400 lux. Dalam kegiatan kelas dunia seperti ini, operasional stadion membutuhkan daya kelistrikan sebesar 3.580 kilowatt.

BACA JUGA : Pelantikan DPD BKPRMI, Pj. Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani., M.Si, Berikan Dukungan Penuh

“Kami sangat bangga bisa menjadi bagian dari gelaran akbar yang menjadi wajah Indonesia di mata dunia ini,” pungkas Soffin, menyiratkan kebanggaan PLN atas kontribusinya dalam memastikan kelancaran dan andalnya pasokan listrik pada acara olahraga internasional terkemuka tersebut.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *