Cuaca Ekstrem di Sulawesi Utara, PLN Tetap Siaga untuk Menjaga Keandalan Listrik

Ilustrasi : Petugas PLN melakukan pemeliharaan berkala pada jaringan listrik

KLIK24.NEWS Sangihe – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca ekstrem akan terus melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Utara hingga akhir Januari 2024. Dalam menanggapi prediksi cuaca tersebut, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo), Ari Dartomo, menegaskan kesiapan petugas PLN dalam menjaga dan mengamankan suplai listrik.

BACA JUGA : Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pendidikan dan Pelatihan Bahasa Asing untuk Pemenuhan Bursa Kerja Luar Negeri dihadiri oleh Pj. Wali Kota Kotamobagu

Ari Dartomo menyatakan, “Petugas PLN berupaya melayani masyarakat sepenuh hati dengan terus bersiaga dan memastikan keandalan listrik dengan respon cepat penanganan gangguan.” Ia juga menjelaskan bahwa kondisi cuaca ekstrem, terutama hujan deras dan angin kencang, dapat berdampak pada sistem kelistrikan, memerlukan upaya ekstra untuk meminimalkan gangguan.

Jaringan listrik yang roboh di Kecamatan Tamako disebabkan cuaca ekstrim

“Cuaca ekstrem sangat memengaruhi keandalan listrik, hal ini menyebabkan aktifnya sistem proteksi secara otomatis yang akan memutus sementara aliran listrik jika terdeteksi ada situasi tidak aman menyentuh jaringan listrik. Hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan masyarakat dari risiko bahaya listrik,” jelas Dartomo. Dartomo menambahkan bahwa gangguan dapat disebabkan oleh pemeliharaan berkala yang telah diberitahukan sebelumnya atau gangguan tiba-tiba yang dapat terjadi kapan saja, terutama saat kondisi cuaca ekstrim.

Pemberitahuan akan diberikan setelah penyebab gangguan ditemukan melalui aplikasi PLN Mobile. Gangguan akibat cuaca ekstrem juga dialami di Kepulauan, khususnya di Kabupaten Kepulauan Sangihe, wilayah layanan PLN UID Suluttenggo. Baru-baru ini, gangguan disebabkan oleh kelelawar yang menyentuh jaringan listrik, dan sistem proteksi menghentikan aliran listrik sementara untuk meminimalkan risiko bahaya.

Sebagian petugas PLN UP3 Tahuna yang bersiaga mengamankan keandalan listrik di musim penghujan

Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tahuna, Muhammad Taufik, menyampaikan bahwa PLN telah membuka posko pelayanan kelistrikan bagi masyarakat dengan 7 posko tersebar di wilayah kerja UP3 Tahuna. Ratusan petugas PLN dikerahkan untuk menjaga keandalan listrik selama musim penghujan.

BACA JUGA : Wali Kota Kotamobagu dan Gubernur Sulawesi Utara Hadiri Ibadah Syukur Natal dan Tahun Baru 2023-2024 di Gereja GMIBM “Dayanan” Gogagoman

PLN berkomitmen untuk terus memastikan pasokan listrik di setiap situasi dan kondisi. Transformasi digital juga dihadirkan melalui aplikasi PLN Mobile, memberikan kecepatan layanan bagi pelanggan. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *