IIMS 2024 Dibuka Presiden, PLN Dorong Transportasi Berbasis Listrik dan Hidrogen Sebagai Gaya Hidup Digital di Masa Depan

Pembukaan The 31th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (keempat dari kiri) yang didampingi oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto (keempat dari kanan), Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita (ketiga dari kanan), Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia (kedua dari kanan), Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (paling kanan), Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono (kedua dari kiri), CEO Kompas Gramedia Group, Lilik Oetama (ketiga dari kiri), dan Dirut PT Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung (paling kiri).

KLIK24.NEWS Jakarta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara resmi membuka The 31st Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di Jiexpo Jakarta pada Kamis (15/02). Dalam sambutannya, Presiden menyatakan dukungan penuh pemerintah terhadap pengembangan kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) di Indonesia, optimis bahwa industri ini mampu bersaing di pasar global.

BACA JUGA : Prabowo Subianto Meneruskan Era Jokowi Menuju Indonesia yang Lebih Kuat di Mata Dunia

“Pemerintah mendukung pengembangan kendaraan listrik di Indonesia karena ini adalah masa depan otomotif kita. Kita memiliki sumber daya bahan baku seperti nikel yang mendukung pengembangan ini,” kata Presiden.

Salah satu bentuk dukungan pemerintah adalah melalui pengurangan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk merangsang daya beli masyarakat. Selain itu, pemerintah terus berupaya mengembangkan industri kendaraan listrik, termasuk baterai dan infrastruktur pendukungnya.

Salah seorang pengunjung tengah menjajal kemudahan menukar baterai motor listrik melalui fitur Electric Vehicle Digital Services (EVDS) di aplikasi PLN Mobile pada Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU) yang ditampilkan PLN di ajang IIMS 2024.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menyatakan komitmennya untuk mendukung pemerintah dalam mengakselerasi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Menurutnya, kendaraan listrik adalah bagian dari gaya hidup digital di masa depan.

BACA JUGA : PLN Suluttenggo Gandeng Polda Sulut Mantapkan Sinergi Jaga Keamanan Objek Vital Kelistrikan Pada Pemilu 2024

“PLN akan all out dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, mengubahnya menjadi gaya hidup digital masa depan,” ujarnya.

PLN tidak hanya menyediakan infrastruktur fisik untuk kendaraan listrik tetapi juga layanan digital. Melalui aplikasi PLN Mobile, PLN telah menghadirkan layanan Electric Vehicle Digital Services (EVDS), mulai dari pembelian kendaraan listrik hingga informasi lokasi charging station dan transaksi pengisian daya.

Dalam kesempatannya bersama media di IIMS 2024, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya berkomitmen penuh untuk mendukung Pemerintah dalam mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

Darmawan juga mengumumkan pengembangan kendaraan masa depan berbasis hidrogen hijau. PLN telah membangun Green Hydrogen Plant (GHP) di 21 pembangkit listrik di seluruh Indonesia dan sedang membangun Hydrogen Refueling Station (HRS) di daerah Senayan.

Booth khusus PLN pada IIMS 2024, bertemakan “The Future Lifestyle Experience”, menyajikan berbagai layanan dan kemudahan dari ekosistem kendaraan listrik serta pengembangan kendaraan berbasis hidrogen.

Dengan langkah-langkah ini, PLN berharap dapat mendorong adopsi kendaraan berbasis listrik dan hidrogen sebagai bagian dari gaya hidup digital yang ramah lingkungan di masa depan.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *