Forum Konsultasi Publik: Merumuskan Perencanaan Pembangunan Kota Kotamobagu

KLIK24.NEWS Kotamobagu – Forum Konsultasi Publik, Pj. Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani., M.Si., dengan resmi membuka Forum Konsultasi Publik dalam rangka penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Kotamobagu untuk tahun 2025. Acara ini berlangsung pada hari Senin, 4 Maret 2024, di Aula Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu, menandai langkah awal dalam merumuskan program pembangunan yang partisipatif.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota menegaskan pentingnya kegiatan Forum Konsultasi Publik dalam perencanaan pembangunan. Dia menjelaskan bahwa dalam perencanaan pembangunan terdapat rencana jangka panjang, rencana jangka pendek, dan rencana kerja tahunan. Fokus pada hari itu adalah merumuskan program kerja untuk tahun 2025 dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

BACA JUGA : Pelantikan Penjabat Sangadi Desa Tampoan: Komitmen Pemerintah untuk Pelayanan Prima

“Forum Konsultasi Publik ini penting karena dalam penyusunan perencanaan pembangunan, terdapat rencana jangka panjang 20 tahun, rencana jangka pendek 5 tahun, dan rencana kerja 1 tahun. yang kita rumuskan hari ini adalah merumuskan bersama untuk merencanakan program kerja Tahun 2025 mendatang,” ungkap Pj. Wali Kota dengan tegas.

Pj. Wali Kota juga menekankan peran penting tokoh masyarakat, tokoh agama, pemangku kepentingan, dan stakeholder lainnya dalam forum ini. Mereka diundang untuk memberikan masukan terkait prioritas pembangunan yang harus dilakukan pada tahun 2025.

“Dalam Forum Konsultasi Publik ini, kami membutuhkan tokoh masyarakat, tokoh agama, pemangku kepentingan, dan stakeholder untuk memberikan masukan, sehingga pemikiran tersebut dapat kita bahas bersama. Misalnya, apa yang harus kita lakukan di Tahun 2025 mendatang, apa yang menjadi prioritas,” tambahnya.

Dalam penyusunan RKPD tahun 2025, Pj. Wali Kota juga menekankan agar semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) fokus pada pengembangan potensi jasa di Kota Kotamobagu. Dia berharap agar kota ini dapat berkembang dengan potensi jasa yang ada, dan OPD harus mendukung visi tersebut.

BACA JUGA : Musyawarah Kerja Cabang IV Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama: Langkah Awal Membangun Kota Kotamobagu

“Kota Kotamobagu adalah Kota Jasa, sehingga bagaimana kita menjadikan Kota ini berkembang dengan potensi jasa yang ada di sini. Dalam penyusunan RKPD Kota Kotamobagu Tahun 2025, saya minta agar OPD fokus pada apa yang harus dilakukan dan harus ditopang untuk Kota Jasa,” tegas Pj. Wali Kota.

Acara Forum Konsultasi Publik ini dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Kota Kotamobagu, Kepala Bappeda Sulawesi Utara, Elvira Katuuk, S.E., M.E., Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, S.E., serta berbagai tokoh masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan keterlibatan semua pihak, diharapkan RKPD tahun 2025 dapat mencerminkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat Kota Kotamobagu secara menyeluruh.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *