Pameran INACRAFT 2024, UMK Binaan PLN Memperoleh Kesuksesan Besar

Di INACRAFT, puluhan jenis produk mulai dari kerajinan dari batu alam, papercraft, tas, noken dibawa oleh UMK Binaan PLN dan dipamerkan dalam booth PLN.

KLIK24.NEWS Jakarta – Pameran INACRAFT 2024, PT PLN (Persero) mencatat pencapaian gemilang pada International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2024 di JCC Senayan, Jakarta. Sebanyak 51 Usaha Mikro Kecil (UMK) binaan PT PLN berhasil menjual 1.925 produk, menunjukkan kenaikan penjualan sebesar 10,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pameran selama lima hari ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat terhadap produk-produk kerajinan buatan anak bangsa.

BACA JUGA : Mengenal Lebih Dekat Ikan Buntal Laut: Keindahan dan Keunikan di Bawah Laut

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto menyatakan kebanggaannya atas kesuksesan ini. “Pada INACRAFT kali ini, produk-produk dari UMKM Binaan PLN dipamerkan dan pameran ini sekali lagi membantu pemasaran agar UMK Indonesia bisa naik kelas,” ujarnya.

Pengunjung antusias melihat produk-produk UMK pada booth PLN di gelaran INACRAFT 2024

Dalam pameran INACRAFT, berbagai jenis produk kerajinan dipamerkan oleh UMKM Binaan PLN, dari berbagai provinsi di Indonesia. Jenis produk yang paling diminati termasuk kerajinan dari batu alam, papercraft, dan noken. Keanekaragaman produk ini berhasil menarik hati masyarakat pengunjung, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Gregorius juga menyoroti potensi pasar internasional yang dapat dituju oleh produk-produk kerajinan dalam negeri. “INACRAFT yang merupakan pameran berlevel internasional mampu mendorong produk kerajinan dalam negeri menembus pasar internasional,” ujarnya.

Elizabeth Ayer, salah satu pegiat UMK Binaan PLN dari Papua, juga turut merasakan manfaat dari partisipasi dalam INACRAFT. Dukungan dari PLN membantunya memperluas pemasaran produk kerajinan khas Papua di luar wilayah Papua Tengah. Produk-produk seperti baju kulit kayu, noken, maltosa, hingga tifa berhasil menarik minat pembeli baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Suasana booth PLN saat gelaran INACRAFT 2024.

Pada kesempatan terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo), Ari Dartomo, menegaskan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan UMKM binaan PLN. “Makin besarnya minat masyarakat dalam membeli produk-produk UMKM binaan PLN merupakan hal yang patut kita dukung,” ujarnya.

BACA JUGA : Kembali Gelar Festival Ramadan, Pegadaian Siapkan Panggung Emas!

Keberhasilan ini menjadi bukti bahwa PLN tidak hanya sebagai penyedia layanan listrik, tetapi juga memiliki peran penting dalam mendorong sektor UMKM menjadi lebih produktif dan memberdayakan masyarakat. Dengan dukungan yang terus-menerus, diharapkan UMKM binaan PLN akan terus berkembang dan memberikan dampak positif pada perekonomian daerah serta pemberdayaan masyarakat.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *