PLN Menyelenggarakan Forum Kolaborasi Bisnis Road to PLN Investment Days 2024 untuk Mempercepat Transisi Energi Bersih

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jisman P. Hutajulu (tengah) bersama Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (lima dari kiri), Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Wanhar (empat dari kanan), Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti (tiga dari kiri), Direktur Pembangkitan Adi Lumakso (dua dari kiri), Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN Evy Haryadi (kiri), Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto (kanan), Direktur Eksekutif Centre For Strategic And International Studies Yose Rizal Damuri (empat dari kiri), Akademisi Pusat Studi Energi Universitas Gadjah Mada Deendarlianto (lima dari kanan), Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra (tiga dari kanan), Moderator Diskusi Mysister Silvilona Tarigan (dua dari kanan) foto bersama pada acara Road to PLN Investment Days 2024 yang digelar di Jakarta, Rabu (06/03).

KLIK24.NEWS Jakarta – PLN Menyelenggarakan Forum Kolaborasi Bisnis Road to PLN Investment Days 2024, PT PLN (Persero) telah mengadakan forum diskusi dan kolaborasi bisnis “Road to PLN Investment Days 2024” pada Rabu (6/3) di Hotel Mulia, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan dari sektor pemerintahan, bisnis, perbankan, akademisi, dan investor dalam dan luar negeri. Tujuan utama forum ini adalah untuk membangun kolaborasi dalam mempercepat transisi energi bersih di Indonesia.

BACA JUGA : PLN Salurkan Bantuan untuk Pembangunan Masjid Al Shobur Buol

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jisman P Hutajulu, menyampaikan komitmen pemerintah dalam melaksanakan transisi energi dengan mengurangi ketergantungan pada energi fosil dan mendorong penggunaan energi baru terbarukan (EBT). Beliau juga menyoroti beberapa tantangan besar dalam transisi energi yang harus dipecahkan, termasuk mismatch antara sumber EBT dan pusat beban, serta intermitensi pada pembangkit EBT.

Forum Diskusi Road to PLN Investment Days 2024 diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari pemerintah, pelaku bisnis, akademisi, hingga investor dalam dan luar negeri di sektor energi.

Dalam tanggapannya, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengakui bahwa transisi energi tidak dapat dilakukan sendiri oleh PLN. PLN perlu membangun kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mencari solusi dari tantangan yang ada. Melalui forum ini, PLN ingin menyampaikan rencana pengembangan kelistrikan ke depan dan menangkap aspirasi dari para pemangku kepentingan.

Darmawan juga memaparkan program Accelerated Renewable Energy Development (ARED) yang telah disusun oleh PLN. Melalui ARED, PLN bertujuan untuk membangun pemerataan kelistrikan nasional melalui Green Enabling Super Grid, serta mengatasi tantangan intermitensi dari sumber EBT dengan membangun smart grid. Lewat ARED, PLN berencana meningkatkan pasokan listrik berbasis EBT dari 22 GW menjadi 61 GW, dengan 75 persen kapasitas listrik bersumber dari EBT.

Selain itu, Darmawan juga mengajak para pemangku kebijakan di sektor energi untuk berkolaborasi dalam aspek teknologi, inovasi, dan investasi. Dia menekankan pentingnya menjaga pengembangan EBT yang layak secara komersial dan terjangkau oleh masyarakat, dengan semangat fairness dan transparansi.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jisman P. Hutajulu saat menyampaikan pidato kunci pada acara Road to PLN Investment Days 2024 yang digelar di Jakarta, Rabu (06/03).

Dalam kesempatan terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo), Ari Dartomo, menyatakan optimisme dalam mendorong pemanfaatan potensi EBT di Sulawesi. Dartomo menyoroti PLTA Poso sebagai contoh potensi EBT yang dapat menjadi tulang punggung kelistrikan di Sulawesi Tengah.

BACA JUGA : Pameran INACRAFT 2024, UMK Binaan PLN Memperoleh Kesuksesan Besar

Forum ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menuju PLN Investment Days 2024 yang akan segera digelar. Melalui acara tersebut, PLN berharap dapat membuka peluang-peluang kolaborasi dengan berbagai pihak dalam pembangunan infrastruktur kelistrikan di Indonesia, sekaligus mempercepat transisi menuju energi bersih.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *