PLN Siapkan Kesiapan Maksimal Jelang Idul Fitri: Keandalan Listrik Terjaga

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tengah) menyampaikan, pihaknya tengah bersiaga penuh terhadap sistem kelistrikan, personel hingga infrastruktur pendukung untuk menghadirkan momen lebaran tahun ini tanpa gangguan kelistrikan.

KLIK24.NEWS Gresik – PLN Siapkan Kesiapan Maksimal , Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, secara langsung memimpin persiapan dan keandalan pasokan listrik menyambut momen Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dalam Apel Siaga Kelistrikan Nasional di Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Gresik, Jawa Timur, pada Sabtu (6/4). Dalam kesempatan tersebut, Darmawan menegaskan kesiapan PLN untuk memastikan layanan listrik yang handal bagi masyarakat.

BACA JUGA : Festival Monuntul: Tradisi Kota Kotamobagu Menuju Tingkat Nasional

“Kami siaga penuh hingga tanggal 19 April mendatang, PLN berkomitmen untuk selalu menyediakan listrik yang andal bagi masyarakat,” kata Darmawan. Menurut Darmawan, saat ini seluruh infrastruktur kelistrikan dalam kondisi optimal. Dia menjelaskan bahwa beban puncak pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H diproyeksikan mencapai 32.749 megawatt (MW), sementara daya mampu pasok mencapai 51.350 ribu MW.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo ketika berinteraksi dengan salah seorang petugas pelayanan teknik di sela acara apel siaga kelistrikan nasional.

“Kondisi kelistrikan sangat aman, seluruh pembangkit, jaringan transmisi, dan distribusi dalam kondisi terbaik,” tambah Darmawan. Darmawan juga menyoroti kesiapan pembangkit yang didukung oleh rantai pasok energi primer yang terjamin. Pasokan batubara untuk PLTU milik PLN dilaporkan tidak mengalami status emergency, dengan rata-rata stok di atas Hari Operasi Pembangkit (HOP).

Tak hanya batubara, pasokan gas juga terjamin, dengan volume yang cukup untuk pembangkit di berbagai wilayah. Bahkan pasokan bahan bakar minyak (BBM) juga dalam kondisi aman dengan rata-rata cadangan mencapai 14,3 HOP di seluruh wilayah Indonesia. Dari sisi jaringan transmisi dan distribusi, PLN telah melakukan pemeliharaan sejak jauh hari sebelum masa siaga. Setiap sistem dan subsistem kelistrikan dipastikan siap dan optimal, termasuk di wilayah terpencil (3T).

Suasana Apel Siaga Kelistrikan Nasional yang berpusat di Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Gresik, Jawa Timur pada Sabtu (6/4).

PLN Siapkan Kesiapan Maksimal Selama masa siaga Ramadan dan Idul Fitri, PLN menyiagakan ribuan personel dan posko yang tersebar di berbagai titik vital kelistrikan dan pusat keramaian. Mereka dilengkapi dengan peralatan pendukung seperti genset, UPS, gardu bergerak, dan lainnya. PLN juga memperhatikan kebutuhan masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik dengan menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang cukup di seluruh Indonesia.

BACA JUGA : PLN Pastikan Kelistrikan Aman Selama Libur Idul Fitri: Inspeksi ke PLTU Paiton

Darmawan mengimbau masyarakat untuk melaporkan kendala kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile, sebagai upaya untuk mempercepat penanganan. Dengan langkah-langkah proaktif ini, PLN menunjukkan komitmennya untuk menjaga ketersediaan listrik yang andal bagi masyarakat, khususnya selama momen penting seperti Idul Fitri. Hal ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kepastian bagi masyarakat dalam menikmati perayaan lebaran.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *