PLN Siapkan Siaga Kelistrikan dan SPKLU untuk Lebaran: Kendaraan Listrik Diminati dalam Arus Mudik

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat, Moch. Andy Adchaminoerdin (kanan) membantu pemilik mobil listrik untuk mengisi daya di SPKLU PLN Makassar Selatan jelang Idul Fitri 1445 H.

KLIK24.NEWS Jakarta – PLN Siapkan Siaga Kelistrikan dan SPKLU, PT PLN (Persero) menegaskan bahwa seluruh sistem kelistrikan di Indonesia siap melewati Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dengan aman. PLN terus menjaga kesiagaan sistem kelistrikan demi memastikan kebahagiaan masyarakat dalam momen yang Fitri ini. Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa seluruh sistem kelistrikan telah dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi hari pertama Idul Fitri 1445H. “Kami bersyukur bahwa dari malam takbiran hingga saat Hari Raya Idul Fitri, seluruh sistem kelistrikan berada dalam kondisi aman, memungkinkan masyarakat merayakan hari yang Fitri ini dengan hangat bersama keluarga,” ujar Darmawan.

BACA JUGA : PLN Siagakan SPKLU untuk Mendukung Pemudik Kendaraan Listrik di Jalur Trans Sulawesi

PLN mencatat bahwa daya mampu secara nasional mencapai 51 ribu megawatt (MW), dengan beban puncak pada Hari Raya Idul Fitri sebesar 31 ribu MW. Meskipun demikian, terdapat cadangan daya sebesar 20 ribu MW. Untuk menjaga keandalan pasokan listrik, PLN telah menempatkan lebih dari 81 ribu personel di 2.766 posko di seluruh titik vital kelistrikan dan pusat kegiatan publik. Personel tersebut dilengkapi dengan peralatan yang diperlukan seperti genset, UPS, Gardu Bergerak, Trafo Mobile, dan lainnya.

Senior Manager Distribusi PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Erwin Gunawan, melakukan siaga saat pelaksanaan Solat Idul Fitro di Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu (10/4).

Selama masa arus mudik, PLN juga memastikan seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) di rest area dapat melayani kebutuhan pengguna kendaraan listrik. Dalam menghadapi mudik tahun ini, PLN telah menyiapkan 1.299 SPKLU tersebar di 879 lokasi di seluruh Indonesia.

Penggunaan SPKLU pada periode mudik kali ini meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah transaksi dan konsumsi daya pada periode arus mudik tahun 2024 meningkat hingga 5 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. “Hal ini menunjukkan minat masyarakat terhadap penggunaan kendaraan listrik untuk melakukan perjalanan mudik yang aman dan nyaman,” tambah Darmawan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tengah) memberikan arahan kepada petugas PLN saat melakukan inspeksi langsung ke Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Pedan di Klaten, Jawa Tengah untuk memastikan kondisi jaringan transmisi dan distribusi kelistrikan dalam keadaan yang andal jelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

Dari sisi layanan pelanggan, PLN memastikan bahwa pelayanan pelanggan tetap berjalan normal selama 24 jam. Masyarakat dapat mengakses segala fitur dan layanan terkait kelistrikan melalui PLN Mobile. “Kami mengucapkan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat berkumpul bersama keluarga tercinta. Kami juga mengimbau agar tetap berhati-hati dalam perjalanan. Seluruh Insan PLN akan terus bersiaga hingga berakhirnya libur Idul Fitri 1445 Hijriah,” tutup Darmawan.

BACA JUGA : PLN Siapkan Infrastruktur Pengisian Kendaraan Listrik untuk Mudik Lebaran di Jalur Trans Sulawesi

Di tempat terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo), Ari Dartomo, menegaskan komitmennya untuk menjaga keandalan listrik hingga masa arus balik selesai. “Kami siap mengontrol ketat 24 jam dari Posko Siaga, mulai dari mitigasi potensi risiko gangguan hingga penjagaan khusus pada gardu-gardu distribusi yang memasok lokasi prioritas,” ujar Dartomo.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *