PLN Siaga Lebaran: Sukses Amankan Pasokan Listrik Nasional Saat Idul Fitri 1445 H

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tiga dari kanan) bersama petugas PLN Nusantara Power ketika mengecek jetty yang menjadi lokasi bongkar muat batubara di PLTU Paiton pada Jumat (5/4). Dirinya memastikan langsung ketersediaan energi primer pada masa siaga Ramadan dan Idul Fitri 1445 H dalam kondisi yang aman.

KLIK24.NEWS Jakarta – PT PLN (Persero) berhasil menjaga stabilitas pasokan listrik nasional selama periode siaga Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah, yang berlangsung mulai tanggal 3 April hingga 19 April 2024. Dalam rentang waktu tersebut, perusahaan listrik negara ini mampu menangani beban puncak hingga mencapai 42.948 megawatt (MW), dengan daya mampu pasok sebesar 52.916 MW.

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H pada tanggal 10 April, PLN berhasil mengatasi beban puncak sebesar 31.212 MW. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 3,53% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

BACA JUGA : PLN Bantu Masyarakat Tagulandang Pasca Erupsi Gunung Ruang

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menyatakan bahwa keandalan pasokan listrik selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445 H adalah hasil dari langkah-langkah mitigasi dan kesiagaan personel PLN Group di seluruh Indonesia, baik di sektor pembangkitan, transmisi, maupun distribusi.

“Kami bersyukur bahwa momen berharga ini dapat dilewati tanpa hambatan signifikan, terutama dalam hal penyediaan listrik. Ini tidak hanya merupakan hasil persiapan yang matang, tetapi juga dedikasi lebih dari 81 ribu karyawan PLN Group yang tersebar di seluruh tanah air,” ungkap Darmawan.

Beliau menegaskan bahwa PLN akan terus berkomitmen untuk menjaga keandalan pasokan listrik di masa mendatang, tidak hanya selama periode siaga hari raya lebaran.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kelima dari kanan) ketika menginspeksi SPKLU rest area tol Jakarta – Merak km 13,5 di Tangerang, Banten didampingi Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN, Evy Haryadi (kanan), Direktur Keuangan PLN, Sinthya Roesly (keempat dari kiri), Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi (ketiga dari kiri), GM PLN UID Banten, Abdul Mukhlis (keempat dari kanan), GM PLN UID Jakarta Raya, Lasiran (kedua dari kanan), dan GM PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia (kedua dari kiri). Tidak hanya pasokan listrik, PLN juga memastikan 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh tanah air siap melayani kebutuhan arus mudik dan arus balik selama periode Lebaran 2024.

BACA JUGA : PLN dan TNI Serahkan Bantuan TJSL untuk Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Ruang di Tagulandang

Selama masa siaga kelistrikan nasional Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, PLN menyiagakan lebih dari 81 ribu personel yang tersebar di 2.766 posko di seluruh titik penting kelistrikan dan pusat kegiatan masyarakat di seluruh Indonesia.

Para personel ini dilengkapi dengan perlengkapan seperti genset, UPS, Gardu Bergerak, Kabel Bergerak, Trafo Mobile, Emergency Restoration System, crane, mobil operasional, dan sepeda motor operasional.

Tak hanya mengatasi tantangan dalam periode siaga lebaran, PLN juga sigap menghadapi gangguan kelistrikan akibat bencana alam yang terjadi selama periode tersebut. Kesiapsiagaan personel PLN terbukti mampu mengembalikan pasokan listrik secara cepat di setiap lokasi terdampak bencana alam.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *