Wali Kota Kotamobagu Apresiasi Penyelenggaraan Acara Strategis Menuju Satu Data Indonesia

KLIK24.NEWS Kotamobagu- Wali Kota Kotamobagu memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala BPS Kota Kotamobagu beserta seluruh jajarannya atas penyelenggaraan acara yang dianggapnya sangat strategis dalam mewujudkan Satu Data Kotamobagu menuju Satu Data Indonesia.

BACA JUGA : Panen Cabai Rawit: Wujud Nyata Program “Mari Jo Ba Kobong” di Kota Kotamobagu

“Data ini menjadi sangat penting bagi kita semua khususnya dalam hal merumuskan dan menetapkan pengambilan kebijakan. Dalam menetapkan sebuah kebijakan, tidak boleh hanya berdasarkan feeling, atas perasaan, tetapi harus selalu berpijak pada data itu sendiri. Lembaga yang resmi, lembaga yang diakui dalam mengeluarkan data adalah Badan Pusat Statistik, sehingga baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah selalu mengacu pada data yang dikeluarkan oleh BPS,” ujarnya.

Wali Kota Kotamobagu Pada tahun 2023, Badan Pusat Statistik Kota Kotamobagu bersama Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu telah melakukan evaluasi pelaksanaan kebijakan penguatan penyelenggaraan data statistik sektoral dalam bentuk penilaian badan dan internal. Evaluasi tersebut merupakan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral (EPSS) yang telah terlebih dahulu dilakukan pembinaannya. Nilai tingkat kematangan atas penyelenggaraan Statistik Sektoral direpresentasikan dalam bentuk Indeks Pembangunan Statistik (IPS) yang menunjukkan kemampuan Pemerintahan Daerah dalam penyelenggaraan Statistik Sektoral.

“Nilai Indeks ini akan menggambarkan kapabilitas proses yang mencakup kebijakan, proses tata kelola, dan proses manajemen Penyelenggaraan Statistik Sektoral dan kematangan kegiatan Statistik Sektoral yang dijalankan oleh pemerintah daerah. Penilaian ini terdiri dari tingkat rintisan, terkelola, terdefinisi, terpadu dan terukur, serta tingkat optimum yang menggambarkan tingkat maksimal dari penyelenggaraan kegiatan Statistik Sektoral,” jelasnya.

BACA JUGA : Meningkatnya Kepatuhan Wajib Pajak Badan dalam Penyampaian SPT Tahunan

Dalam acara tersebut turut hadir Kepala Badan Pusat Statistik Kotamobagu, Syamsudin, S.P., M.Si., para pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu serta para peserta Entry Meeting Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Kota Kotamobagu Tahun 2024. Ini menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan penyelenggaraan data statistik yang akurat dan dapat dipercaya guna mendukung pengambilan kebijakan yang efektif dan efisien.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *