PLN (Persero): Meningkatkan Komitmen pada Bisnis Berkelanjutan di Hari Bumi

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan dalam memitigasi perubahan iklim, PLN tidak mampu melakukannya dalam suasana kesendirian, melainkan dengan kolaborasi.

KLIK24.NEWS Jakarta – PLN (Persero) Pada peringatan Hari Bumi yang digelar secara hybrid di Kantor Pusat PLN, Jakarta, pada Rabu (8/5), PT PLN (Persero) menegaskan kembali komitmennya untuk menjalankan operasional bisnis yang berkelanjutan. Acara ini diselenggarakan dengan tema ‘PLN EcoRangers: Empowering a Sustainable Lifestyle’, menyoroti pentingnya menjaga keseimbangan antara aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menekankan pentingnya memitigasi ancaman perubahan iklim melalui langkah-langkah konkret dalam operasional bisnis. Prasodjo menyatakan bahwa PLN memandang hari Bumi sebagai momen refleksi atas komitmen mereka untuk menjaga kelestarian bumi, sejalan dengan langkah-langkah transisi energi menuju Nationally Determined Contribution (NDC) dan Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060.

BACA JUGA : PLN dan WRI Indonesia Berkomitmen Mengembangkan Inovasi Hijau demi Masa Depan Bumi

Salah satu langkah nyata yang diambil PLN adalah dengan mengubah limbah pembangkit menjadi produk multiguna yang bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, PLN juga aktif dalam mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik dan menjalankan program offset emisi melalui aplikasi PLN Climate Click.

PLN (Persero) Pada acara tersebut, hadir pula tokoh-tokoh penting dalam lingkup lingkungan, seperti Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Laksmi Dhewanthi, serta Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jisman P. Hutajulu. Laksmi Dhewanthi menyatakan apresiasinya terhadap langkah-langkah PLN dalam menggaungkan gaya hidup berkelanjutan untuk mencegah perubahan iklim di Indonesia.

Pada acara peringatan Hari Bumi 2024, jajaran Direksi PLN menegaskan komitmen dalam menerapkan gaya hidup berkelanjutan atau sustainable lifestyle. Keterangan foto: Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kelima dari kanan), Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman P. Hutajulu (kelima dari kiri), Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian LHK, Laksmi Dhewanthi (keenam dari kanan), Dewan Pembina WRI Indonesia, Masyita Crystallin (keenam dari kiri), Direktur Distribusi PLN, Adi Priyanto (keempat dari kanan), Direktur Legal dan Manajemen Human Capital PLN, Yusuf Didi Setiarto (keempat dari kiri), Direktur Manajemen Pembangkitan PLN, Adi Lumakso (ketiga dari kiri), Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti (ketiga dari kanan), Direktur Keuangan PLN, Sinthya Roesly (kedua dari kiri), Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN, Evy Haryadi (kedua dari kanan), Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan PLN, Wiluyo Kusdwiharto (kiri), dan Sekretaris Perusahaan PLN, Alois Wisnuhardana (kanan).

Pemerintah Indonesia juga turut berperan dalam mendukung langkah-langkah PLN menuju bisnis berkelanjutan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman P. Hutajulu, menjelaskan bahwa pemerintah telah menyusun roadmap transisi energi untuk meningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) dan mengurangi ketergantungan pada energi fosil. Hal ini tercermin dalam penyelarasan antara Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN) dan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) terhijau PLN.

Darmawan Prasodjo menegaskan bahwa perubahan iklim adalah tantangan global yang memerlukan kolaborasi dari seluruh komunitas. PLN mengajak para stakeholder dan masyarakat untuk bersatu dalam melawan perubahan iklim, dengan memperkuat langkah-langkah konkrit menuju bisnis berkelanjutan.

BACA JUGA : TMMD ke-120 Reguler Kodim 1303/BM: Terus Bergerak Menuju Perubahan

Penyelarasan antara RUKN dan RUPTL PLN dianggap sebagai tonggak penting dalam langkah mencapai transisi energi di Indonesia. PLN berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas energi baru terbarukan dan mengurangi penggunaan energi fosil, sebagai bagian dari upaya bersama untuk membangun masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Dengan demikian, PLN menunjukkan perannya sebagai lokomotif dalam transisi energi di Indonesia, sambil terus memperkuat komitmennya pada keberlanjutan sosial, ekonomi, dan lingkungan dalam menjalankan bisnisnya. Kesadaran akan pentingnya menjaga bumi semakin menjadi fokus utama bagi PLN dan pemerintah Indonesia. Melalui kolaborasi dan langkah-langkah nyata, diharapkan Indonesia dapat menjadi contoh bagi negara-negara lain dalam menjaga kelestarian bumi untuk generasi yang akan datang.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *