Penilaian Kinerja Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Sulut: Pj. Wali Kota Asripan Nani Berikan Paparan Inovatif

KLIK24.NEWS Manado – Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., turut serta dalam penilaian kinerja penurunan stunting tahun 2023 tingkat Provinsi Sulawesi Utara, yang berlangsung di The Sentra Hotel Manado. Acara ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan dan dipimpin oleh tim penilai provinsi.

BACA JUGA : PLN Cetak Hattrick, Raih Kinerja Keuangan Terbaik Sepanjang Sejarah di Tahun 2023

Menurut Chelsia Paputungan, ST., ME., Kepala Bappelitbangda Kota Kotamobagu, penilaian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek-aspek kinerja yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan. “Penilaian ini juga mencakup pembinaan, pengawasan, dan evaluasi kinerja percepatan penurunan stunting, serta memfasilitasi sharing pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan 8 aksi konvergensi,” jelas Chelsia.

Muhamad Fahmi Iman, SE., Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappelitbangda Kota Kotamobagu, menambahkan bahwa dalam penilaian tersebut, Tim Percepatan Penurunan Stunting Pemerintah Kota Kotamobagu mempresentasikan berbagai langkah dan upaya yang telah dilakukan. Salah satu inovasi yang dipaparkan adalah program **CEMILAN DASHAT (Cegah Stunting Ibu Hamil Sampai Dengan Melahirkan Sehat) KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS**. Program ini memanfaatkan daun kelor untuk mencegah stunting dari hulu dengan mengintervensi ibu hamil yang mengalami kekurangan energi kronik dan memberikan edukasi serta makanan tambahan yang memenuhi kebutuhan gizi ibu dan bayi.

“Penilaian ini penting karena memberikan umpan balik dan pembelajaran, serta semakin memotivasi kabupaten/kota untuk meningkatkan anggaran dan kinerja dalam upaya percepatan penurunan stunting,” ungkap Fahmi. Penilaian ini juga memberikan gambaran yang jelas bagi pemerintah daerah untuk perbaikan perencanaan dan pelaksanaan konvergensi penanganan stunting.

BACA JUGA : Berkat TMMD, Impian Ibu Asti Memiliki Rumah Layak Huni Hampir Tercapai

Acara ini juga dihadiri oleh Tim Penilai Kinerja Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sulawesi Utara, Ketua TP PKK Kota Kotamobagu Ny. Hj. Siti Fatmah Fitriana Nani Buhang, SE., beserta jajaran pengurus, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kotamobagu Adnan, S.Sos., M.Si., serta OPD terkait.

Dengan komitmen dan inovasi yang terus dihadirkan, Kota Kotamobagu diharapkan dapat mencapai target penurunan stunting yang signifikan dan menjadi contoh bagi daerah lain di Sulawesi Utara.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *