PLN Bangun PLN Hub Terintegrasi di IKN: Wujudkan Smart City dengan Jaringan Listrik dan Telekomunikasi Canggih

Seremoni groundbreaking pembangunan PLN Hub di Pusat IKN yang dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (tengah), Menteri Sekretaris Negara Praktikno (paling kanan), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (paling kiri), Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kedua dari kanan) dan Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik (kedua dari kiri).

KLIK24.NEWS Ibu Kota Negara – PT PLN (Persero) resmi meluncurkan pembangunan PLN Hub, sebuah pusat ekosistem transisi energi dan digitalisasi pertama serta terbesar di Indonesia. Proyek ini merupakan langkah strategis untuk mewujudkan smart city di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. PLN melalui subholding-nya, PLN Icon Plus, siap mengembangkan jaringan telekomunikasi canggih di kawasan IKN.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi, menekankan pentingnya PLN Hub dalam mengintegrasikan seluruh ekosistem kelistrikan di IKN. Hal ini sangat mendukung pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) yang dirancang oleh pemerintah di IKN.

BACA JUGA : Tindak Lanjut Isu Berat Tabung Elpiji, Dinas Perdagangan Kotamobagu Nyatakan Tidak Ada Pelanggaran Standar

“Keberadaan PLN Hub ini sangat membantu operasional pusat data nasional di IKN. PLN Hub mengintegrasikan seluruh ekosistem kelistrikan di Nusantara, termasuk infrastruktur telekomunikasi dan digital,” ujar Budi Arie.

Ia juga menyoroti peran strategis PLN Hub dalam mendukung pengembangan jaringan telekomunikasi 5G sebagai infrastruktur konektivitas digital di IKN.

“Pasokan listrik yang stabil dan andal dari PLN Hub akan memastikan jaringan 5G beroperasi optimal, menghadirkan konektivitas digital di IKN. PLN Icon Plus juga mensupport infrastruktur telekomunikasi,” jelasnya.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah atas kepercayaan yang diberikan kepada PLN dalam pengembangan IKN.

“Kami mengucapkan matur sembah nuwun kepada Bapak Presiden atas arahan, bimbingan, dan kepercayaan untuk menerjemahkan visi misi masa depan IKN yang modern, futuristik, dan hijau dari sudut pandang ketenagalistrikan. Kami juga diberi penugasan oleh Pak Menkominfo untuk mendukung data center,” lanjut Darmawan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi (kiri) bersama Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kanan) saat memberikan keterangannya terkait pembangunan PLN Hub kepada para awak media di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

Darmawan menjelaskan bahwa PLN Hub tidak hanya akan menjadi pusat energi terbarukan, tetapi juga pusat telekomunikasi. PLN Icon Plus siap mendukung jaringan telekomunikasi dan digitalisasi di IKN dengan membangun infrastruktur fiber optik yang kokoh dan terintegrasi dengan infrastruktur kelistrikan.

“Konsep kami Green, Smart, and Beautiful. Kami bangun PLN Hub yang menyatu dengan alam. Kami pastikan PLN Hub menjadi episentrum research and development, kolaborasi bisnis, teknologi, dan pendidikan yang mendukung IKN serta transisi energi di Indonesia,” tambah Darmawan.

BACA JUGA : Kemudahan Baru dalam Pembayaran PBB-P2 di Kota Kotamobagu: Metode Digital yang Modern dan Praktis

Sejalan dengan itu, Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, menyatakan komitmen untuk mendukung pembangunan ketenagalistrikan berkelanjutan di IKN dengan menyediakan layanan telekomunikasi menggunakan teknologi mutakhir.

“Sistem ketenagalistrikan dan telekomunikasi ini dibangun secara terintegrasi dengan keandalan tinggi, menggunakan teknologi terbaru dan terproteksi untuk menciptakan ekosistem green, smart, dan beautiful di IKN,” ujar Ari.

PLN Hub akan berfungsi sebagai pusat pengendali sistem kelistrikan dan pusat digital yang dibangun secara terintegrasi dengan keandalan tinggi. PLN Icon Plus juga diberikan hak perlintasan jaringan fiber optik oleh Otorita IKN untuk menyediakan dan mengelola sistem telekomunikasi digital di kawasan IKN, memastikan konektivitas digital yang menyeluruh.

Dengan langkah ini, PLN berkomitmen mendukung terciptanya IKN sebagai smart city yang modern, efisien, dan ramah lingkungan, menghadirkan masa depan baru bagi Indonesia.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *