PLN dan Boboca Diving Club Bersinergi untuk Konservasi Terumbu Karang di Manado, Wujudkan Ekonomi Biru

General Manager PLN UID Suluttenggo Patar Situmorang saat menyerahkan bantuan konservasi terumbu karang kepada perwakilan Boboca Diving Club, Nelson Uada (21/06).

KLIK24.NEWS Manado – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo) terus menunjukkan komitmennya dalam melestarikan lingkungan, khususnya ekosistem laut. Melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado, PLN kembali melaksanakan kegiatan konservasi terumbu karang dengan pembuatan artificial reef di Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara.

BACA JUGA : Polres Kotamobagu Gelar Kerja Bakti di Taman Makam Pahlawan Desa Mongkonai dalam Peringatan Hari Bhayangkara ke-78

Kegiatan konservasi ini dilakukan dengan menggandeng Boboca Diving Club Manado, yang mengelola artificial reef di PLN Dive Point, Pantai Malalayang. Bantuan konservasi terumbu karang ini diserahkan secara simbolis oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo, Patar Situmorang, didampingi Manager PLN UP3 Manado, Mulke Tumanken, kepada Nelson Uada yang mewakili Boboca Diving Club Manado.

Kolaborasi PLN UID Suluttenggo bersama PLN UP3 Manado dan Boboca Diving Club demi gerakan konsistensi pelestarian terumbu karang yang menjadi magnet wisata di Manado.

Patar Situmorang menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai pentingnya terumbu karang bagi ekosistem laut. Terumbu karang adalah habitat penting bagi berbagai spesies laut, berperan dalam melindungi garis pantai dari abrasi, serta mendukung industri pariwisata dan perikanan. “Selain untuk meningkatkan jumlah ikan yang berdampak pada ekonomi nelayan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan animo masyarakat terhadap sektor pariwisata,” ungkap Patar.

BACA JUGA : Pentingnya Pajak untuk Pendidikan: Investasi yang Tak Ternilai untuk Masa Depan

Kegiatan konservasi ini merupakan bagian dari komitmen PLN dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya terkait ekosistem laut, serta sejalan dengan konsep Ekonomi Biru. Ekonomi Biru mengedepankan tiga prinsip utama, yaitu 3P: People (manusia), Profit (keuntungan), dan Planet (planet). PLN selalu mengedepankan aspek kesetaraan sosial melalui pengembangan masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan di sekitar wilayah operasional, tidak hanya mengejar keuntungan finansial semata.

“Terumbu karang tidak hanya menjadi rumah bagi berbagai jenis biota laut, tetapi juga berperan penting dalam mengurangi emisi karbon di atmosfer dengan menyerap karbon dioksida dari air laut,” tambah Patar.

Sejumlah penyelam dari Boboca Diving Club dan Pegawai PLN termasuk di dalamnya General Manager PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo Patar Situmorang saat menyelam untuk melaksanakan kegiatan transplantasi terumbu karang di dasar laut PLN Dive Point yang berlokasi di Pantai Malalayang, Manado (21/06).

Nelson Uada, mewakili Boboca Diving Club Manado, mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada PLN atas dukungannya dalam konservasi terumbu karang. “Dukungan PLN membantu menjaga ekosistem laut dan mendukung perekonomian pariwisata laut di Manado. Kami berharap kerjasama ini terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat,” ujar Nelson.

Dalam kesempatan yang sama, Manager PLN UP3 Manado, Mulke Tumanken, mengharapkan bahwa bantuan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan, khususnya terumbu karang di Pantai Malalayang. “Terumbu karang adalah harta karun laut yang harus kita jaga bersama. Kami berharap kegiatan ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam upaya pelestarian dan rehabilitasi terumbu karang,” tutup Mulke.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *