Dirut PLN Dinobatkan Sebagai Pemimpin Transformasi Bisnis Berkelanjutan Berkat Program TJSL yang Berdampak Positif

Penghargaan Nusantara CSR Awards 2024 yang diselenggarakan oleh La Tofi School of Social Responsibility kepada program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN yang dinilai mampu berkontribusi langsung bagi masyarakat dan lingkungan.

KLIK24.NEWS Jakarta – Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, dinobatkan sebagai Pemimpin Transformasi Bisnis Berkelanjutan dalam ajang Nusantara Corporate Social Responsibility (CSR) Awards 2024 yang diselenggarakan oleh La Tofi School of Social Responsibility di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, pada Rabu (17/7). Di bawah kepemimpinan Darmawan, PLN berhasil meraih penghargaan sebagai Perusahaan Paling Bertanggung Jawab 2024 berkat 31 program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dinilai mampu berkontribusi langsung bagi masyarakat dan lingkungan.

Darmawan Prasodjo menyatakan bahwa PLN berkomitmen untuk tidak hanya fokus pada kegiatan bisnis semata, tetapi juga berdampak positif pada lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Program TJSL yang dijalankan oleh PLN selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s).

BACA JUGA : Kanwil DJP Suluttenggomalut Berpartisipasi dalam Latihan Kader II Tingkat Nasional HMI Sulawesi Utara

“Kami berkomitmen tidak hanya menyediakan listrik yang andal, tetapi juga menjadi roda penggerak bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Sehingga, melalui program TJSL PLN kami ingin menjalankan kegiatan yang memberikan manfaat langsung pada aspek kehidupan masyarakat,” ujar Darmawan.

Program TJSL PLN mengedepankan prinsip Creating Shared Value (CSV) yang melingkupi berbagai sektor dengan program prioritas. Beberapa program unggulan yang telah berjalan antara lain pemanfaatan sampah menjadi energi (Co-Firing), pemanfaatan Fly Ash Bottom Ash (FABA), Electrifying Agriculture, serta pengembangan UMKM.

Produk bawang goreng yang di hasilkan oleh kelompok wanita tani Bunga Desa dan telah dipasarkan ke beberapa toko swalayan di Kabupaten Barru dan juga melalui fitur marketplace di aplikasi PLN Mobile.

“Ini merupakan upaya perseroan dalam mewujudkan tercapainya pertumbuhan ekonomi berkualitas melalui keberlanjutan usaha, inovasi, penciptaan industri, penyediaan infrastruktur memadai, pengembangan Usaha Mikro Kecil (UMK), dan peluang membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” tambah Darmawan.

Penghargaan yang diterima oleh PLN menjadi motivasi bagi perseroan untuk terus meningkatkan dan menyebarluaskan program pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui TJSL. Darmawan menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan dan berjanji untuk terus meningkatkan kualitas program TJSL.

BACA JUGA : Pj. Wali Kota Kotamobagu Resmi Buka Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Calon Paskibraka 2024

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan, tentunya ini tak terlepas dari upaya insan PLN di seluruh Indonesia dalam mendarmakan baktinya melalui program TJSL. Kami akan terus meningkatkan kualitas program TJSL sehingga manfaat yang dirasakan akan semakin luas,” tutup Darmawan.

Chairman La Tofi School of Social Responsibility, La Tofi, menyebutkan bahwa ajang Nusantara CSR Awards 2024 kali ini diikuti oleh 75 perusahaan, baik BUMN maupun swasta, yang mengangkat program CSR unggulan masing-masing perusahaan. Para pemenang penghargaan dinilai bukan hanya dari bentuk program, tetapi juga dari dampak perubahan yang dibawa kepada masyarakat dan lingkungan.

“Para pemenang kami menilai telah banyak membuat cerita perubahan dari Sabang sampai Merauke, bukan sekadar menghabiskan uang, tetapi dinilai dari dampak cerita perubahan yang dilakukan,” kata La Tofi.

Penghargaan The Most Responsible Companies 2024 diberikan atas kontribusi program-program dari unit PLN dan subholding di seluruh Indonesia, termasuk Unit Induk Distribusi (UID) Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dengan 5 program, UID Lampung dengan 3 program, serta berbagai program dari Unit Induk Pembangunan (UIP) dan Unit Induk Wilayah (UIW) lainnya di seluruh Indonesia.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *