Pj. Wali Kota Kotamobagu Abdullah Mokoginta Bersama Keluarga Disambut Adat Poponikan Kon Komalig Moloben

KLIK24.NEWS Kotamobagu – Penjabat (Pj.) Wali Kota Kotamobagu, Abdullah Mokoginta, M.Si, bersama istri, Ny. Suzanna Mokoginta Mooduto, S.H., dan keluarga mengikuti prosesi Adat Poponikan Kon Komalig Moloben yang berlangsung khidmat di Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu pada Rabu, 14 Agustus 2024.

BACA JUGA : Mantan Pj. Wali Kota Kotamobagu, Dr. Asripan Nani, Bersama Keluarga Jalani Prosesi Adat Poponagan Kon Komalig Moloben

Prosesi dimulai dengan kunjungan dari Tua Adat Komalig Moloben yang menyampaikan kesiapan mereka serta Pemerintah Kota Kotamobagu untuk menerima kehadiran Abdullah Mokoginta beserta keluarganya di Komalig Moloben. Saat tiba di halaman Komalig Moloben, Pj. Wali Kota bersama istri dan keluarga disambut dengan penuh kehangatan oleh Nanu dan Uyo’ Kotamobagu yang memberikan pengalungan bunga sebagai tanda penghormatan.

Setelah itu, Pj. Wali Kota dan keluarga mengikuti rangkaian prosesi adat Itum-itum dan Tari Tuitan, sebuah tarian tradisional yang mengantarkan mereka menuju depan Komalig Moloben atau Rumah Jabatan Wali Kota Kotamobagu.

BACA JUGA : PLN UID Suluttenggo Sukses Terangi Desa Peana: Bawa Semangat Kemerdekaan Akses Listrik di Seluruh Pelosok

Setibanya di depan Komalig Moloben, Abdullah Mokoginta bersama keluarga disambut oleh Tua Adat Komalig Moloben dan empat orang Panggulu, yang merupakan pemangku adat dari empat wilayah di Kota Kotamobagu. Mereka kemudian melangkah melewati Tolatak Sinontanday, tangga adat kebesaran yang menjadi simbol kehormatan, sebelum memasuki Komalig Moloben.

Seluruh rangkaian prosesi Adat Poponikan Kon Komalig Moloben ini diakhiri dengan mintahang atau doa syukuran sebagai ungkapan terima kasih atas penyambutan dan keberkahan dalam menjalankan tugas sebagai Pj. Wali Kota Kotamobagu. Acara ini tidak hanya menjadi simbol penghormatan kepada pemimpin baru, tetapi juga memperkuat tali silaturahmi dan budaya di Kota Kotamobagu.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *