Gubernur Sulawesi Tengah Apresiasi Kinerja PLN dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo), Atmoko Basuki melaksanakan pertemuan dengan Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura untuk membahas tentang kondisi dan rencana pembangunan infrastruktur kelistrikan di Provinsi Sulawesi Tengah

KLIK24.NEWS Palu – Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, memberikan apresiasi tinggi terhadap kinerja PLN dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan investasi di wilayahnya. Apresiasi ini disampaikan dalam pertemuan yang diadakan di Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Tengah pada 16 Agustus 2024, yang juga dihadiri oleh Atmoko Basuki, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo).

BACA JUGA : KPP Kotamobagu dan BKAD Minsel Sepakati Rekonsiliasi Pajak Semester I 2024

Pertemuan ini membahas secara mendalam perencanaan dan kesiapan infrastruktur kelistrikan yang mendukung pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah, yang tercatat mengalami pertumbuhan pesat sebesar 11,91% pada tahun 2024—menjadikannya yang tertinggi kedua secara nasional. Selain itu, realisasi investasi di Sulawesi Tengah mencapai 111,64 triliun rupiah, terbesar keempat di Indonesia.

Tampilan udara Gardu Induk (GI) bertegangan 150 kilo volt (kV) yang terletak di Palu Utara, Sulawesi Tengah.

Rusdy Mastura mengungkapkan terima kasih dan apresiasi kepada PLN atas respons cepat dan efektif terhadap perkembangan perekonomian di wilayah tersebut. “Apa yang PLN buat saat ini sudah baik. Sulawesi Tengah memiliki banyak potensi investasi dan energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan,” katanya.

BACA JUGA : Pj. Wali Kota Kotamobagu Kukuhkan Paskibraka 2024: Peneguhan Komitmen dan Kebanggaan

Atmoko Basuki menjelaskan bahwa kondisi sistem kelistrikan di Sulawesi Tengah saat ini sangat andal. Beban puncak pemakaian listrik mencapai 203,52 MW, dan dengan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Palu 3 yang berkapasitas 2×50 MW serta Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Luwuk berkapasitas 40 MW yang sedang dalam tahap uji coba, keandalan pasokan listrik akan semakin meningkat.

“Dengan tambahan dua pembangkit ini, Sulawesi Tengah akan berada dalam posisi surplus daya listrik. Kami juga tengah membangun proyek transmisi dari Tentena – Kolonedale – Bungku serta Gardu Induk (GI) Bungku untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan,” ujar Atmoko.

Gubernur Rusdy Mastura menyambut baik inisiatif PLN dan menegaskan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. “Kami sangat mengapresiasi perencanaan dan eksekusi nyata dari PLN dalam menyediakan suplai listrik yang andal di wilayah Sulawesi Tengah. Sinergi antara Pemerintah Provinsi dan PLN harus terus dipertahankan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan investasi tanpa hambatan dari sisi kelistrikan,” tutupnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *