PLN Siap Hadirkan 100% Listrik Hijau di IKN pada HUT RI ke-79: Wujudkan Kota Futuristik dan Berkelanjutan

Ilustrasi petugas PLN yang sedang melakukan pengecekan jaringan listrik di IKN.

KLIK24.NEWS Jakarta – PT PLN (Persero) berkomitmen menghadirkan listrik yang sepenuhnya berasal dari energi hijau untuk mendukung peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Langkah ini sejalan dengan visi IKN sebagai kota hijau, futuristik, dan berkelanjutan.

BACA JUGA : Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di Kabupaten Bolaang Mongondow, Pj. Wali Kota Kotamobagu Abdullah Mokoginta

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan bahwa upacara kemerdekaan tahun ini merupakan momen bersejarah bagi Indonesia. Oleh karena itu, PLN akan all-out dalam menyediakan suplai listrik hijau yang andal untuk menjamin kelancaran perayaan tersebut.

“PLN siap all-out menghadirkan suplai listrik hijau 100% yang andal demi kelancaran upacara HUT RI ke-79 di IKN. Ini adalah bukti komitmen kami mendukung IKN sebagai kota masa depan yang berkelanjutan,” ujar Darmawan.

Foto tampak udara PLTS IKN yang telah mengalirkan listrik untuk kawasan IKN dengan kapasitas 10 megawatt. Jumlah tersebut akan bertambah hingga mencapai 50 megawatt pada akhir tahun 2024.

Pasokan listrik hijau ini akan didukung oleh Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di IKN, yang saat ini memiliki kapasitas 10 Megawatt (MW), jauh melebihi kebutuhan 1,5 MW untuk upacara. PLN juga terus meningkatkan kapasitas ini hingga 50 MW pada akhir tahun 2024.

BACA JUGA : Membuka Rangkaian Kegiatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Pj. Wali Kota Kotamobagu Abdullah Mokoginta

Selain itu, keandalan listrik di IKN diperkuat dengan gardu induk berteknologi Gas Insulated Switchgear (GIS) 4 IKN berkapasitas 2×60 Mega Volt Amphere (MVA) dan jaringan transmisi sepanjang 26,03 kilometer-route (kmr).

“PLN telah menyelesaikan pembangunan gardu induk GIS 4 IKN, yang tidak hanya mendukung kebutuhan listrik untuk HUT RI ke-79, tetapi juga menjamin pasokan listrik jangka panjang di IKN,” tambah Darmawan.

Di sisi distribusi, PLN membangun jaringan distribusi sepanjang 64 kilometer sirkit (kms) dan gardu hubung untuk memastikan kelancaran suplai listrik di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Dengan persiapan matang, PLN memastikan sistem kelistrikan di venue utama dan pendukung upacara akan berjalan tanpa kendala, mendukung tidak hanya perayaan HUT RI ke-79, tetapi juga kebutuhan listrik masa depan di IKN.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *