Program PLN Peduli Salurkan Bantuan TJSL Penataan Usaha Ekonomi Masyarakat dan Pengembangan UMKM di Pulau Bunaken

KLIK24. News Manado – Program PLN Peduli Salurkan Bantuan TJSL, Tidak habis dukungan PLN bagi sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen PLN dalam mendorong pertumbuhan ekonomi mikro khususnya Creating Share Value (CSV) yang berlandaskan Sustainable Developments Goals (SDGs) dalam peningkatan perekonomian yang dikolaborasikan dengan dukungan berbagai pihak untuk bersama menumbuhkan ekonomi masyarakat dan pembangunan berkelanjutan.

Program ini pun menjadi bagian penting dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau biasa dikenal dengan program PLN Peduli. Melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado, telah diberikan Bantuan Penataan Usaha Ekonomi Masyarakat dan Pengembangan UMKM dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Lokasi Wisata Pantai Pulau Bunaken.

Pulau Bunaken sendiri sudah sangat terkenal dan bahkan mendunia dari sisi pariwisata. Taman laut bunaken menjadi primadona utama dari pulau ini yang menawarkan keindahan dengan biota laut yang juga beraneka ragam. Tentunya hal ini menjadi magnet tersendiri bagi UMKM yang ada di Pulau Bunaken untuk ikut bertumbuh selaras dengan makin terkenalnya pesona taman lautnya. Namun tanpa dukungan dari berbagai pihak UMKM yang akan menemui kendala terutama dalam proses penyediaan fasilitas yang memadai.

BACA JUGA : Pimpinan dan Anggota DPRD “Standing Applause” Atas Capaian 10 Kali WTP Berturut-turut Walikota Tatong Bara

PLN berupaya memberikan jawaban dengan langkah dukungan yang nyata bagi kawasan wisata Pulau Bunaken agar dapat terus mengembangkan usahanya. Hadir dalam kegiatan tersebut, Assistant Manajer Keuangan dan Umum PLN UP3 Manado, Noven Koropit mewakili Manajer PLN UP3 Manado, Mulke Tumangken. Hadir pula perwakilan penerima manfaat, Marce yang juga merupakan salah satu pengelola UMKM yang ada di Pulau Bunaken.

Dalam kegiatan tersebut telah diserahkan bantuan berupa kios jualan dan kelengkapannya sebagai modal bagi UMKM untuk dapat terus meningkatkan omzet jualannya dengan nilai total Rp 432.650.000,-.

Noven Koropit dalam sambutannya mengatakan, kehadiran program PLN Peduli ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan pembangunan berkelanjutan bagi UMKM. “Program ini dilaksanakan dengan tujuan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Pulau Bunaken,” ungkap Noven.

BACA JUGA : PDKB Bogani, Pasukan Khusus PLN UP3 Kotamobagu Lakukan Pemeliharaan Jaringan Listrik Tanpa Padam

Namun di satu sisi Noven berpesan agar bantuan yang diberikan ini untuk dapat dipelihara agar tetap terjaga dan dapat memberikan manfaat dalam waktu yang lama. Harapannya dengan berjalannya program ini sektor UMKM di Pulau Bunaken akan lebih meningkat dan mohon bantuan yang akan diberikan ini dapat dijaga sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Noven.

Apresiasi dan rasa bahagia pun diungkapkan masyarakat penerima bantuan yang hadir salah satunya Marce sebagai penerima bantuan PLN Peduli. “Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada PLN atas bantuan yang diberikan bagi usaha kami, sukses selalu untuk PLN,” ujar Marce.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *