Lebih Dari 1.100 SPKLU Tersedia, PLN Siap Layani Mobilitas EV di Hari H Pemilu 2024

Sebanyak 1.124 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh Indonesia siap melayani masyarakat yang ingin melakukan pemilu tahun 2024 ini.

KLIK24.NEWS Jakarta – Lebih Dari 1.100 SPKLU Tersedia, PT PLN (Persero) telah menyiapkan 1.124 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan pelanggan, menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dengan semakin banyaknya pengguna kendaraan listrik, PLN berkomitmen untuk memastikan ketersediaan layanan listrik yang andal, termasuk untuk kendaraan listrik, dalam rangka mendukung mobilitas masyarakat selama proses pemungutan suara.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan bahwa SPKLU siap melayani dan memudahkan masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik selama periode pemilu. Darmawan menyatakan, “Dengan tersedianya 1.124 SPKLU, kami berharap dapat memberikan dukungan kepada masyarakat pengguna EV selama gelaran pemilu. SPKLU ini diharapkan dapat membantu masyarakat luas dalam menunjang aktivitas pada saat pemilu, sehingga pengguna EV tidak perlu khawatir.”

BACA JUGA : Sat Reskrim Polres Kotamobagu Ungkap Sindikat Penggelapan 13 Unit Mobil

PLN telah menyiapkan 64 Unit EV Charger di 38 Titik SPKLU di Tol Trans Sumatera-Jawa. Selain itu, PLN juga menyediakan aplikasi PLN Mobile yang memungkinkan pengguna untuk mencari lokasi SPKLU terdekat dari lokasi mereka. Darmawan menjelaskan, “Masyarakat dapat melihat lokasi SPKLU yang terdekat melalui PLN Mobile. Dengan adanya aplikasi ini, pengguna tidak perlu khawatir jika menggunakan kendaraan listrik untuk menuju tempat pemungutan suara (TPS).”

Untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan selama periode pemilu, PLN telah menyiapkan 3.423 petugas SPKLU yang akan bersiaga selama 24 jam selama 7 hari. Selain SPKLU, tersedia juga 9.558 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), serta 1.839 unit Stasiun Pengisian Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) yang siap untuk dimanfaatkan masyarakat.

Dalam hal mobilitas kendaraan listrik di lokasi-lokasi yang belum terjangkau stasiun pengisian, PLN telah menyiapkan 5 unit SPKLU Mobile, yang terdiri dari 2 unit medium charging dan 3 unit fast charging. Darmawan menjelaskan, “Kami juga menyiagakan SPKLU Mobile di UID (Unit Induk Distribusi) Jateng DIY dengan tipe medium charging sejumlah 2 unit, SPKLU Mobile di Ibu Kota Negara (IKN) sejumlah 2 unit serta SPKLU Mobile di Bandung dengan tipe fast charging.”

BACA JUGA : PLN Suluttenggo Tetapkan Status Siaga, Siapkan 50 Posko dan 2.192 Personel Jaga Keandalan Listrik Jelang Pemilu

Doni, seorang pengguna EV, menyatakan bahwa keberadaan SPKLU sangat membantu, terutama karena dirinya harus menempuh jarak 60 kilometer untuk mencapai TPSnya. “Saya kebetulan sudah pindah tempat tinggal, jadi saya harus menempuh jarak 60 km untuk sampai ke TPS. Awalnya saya ragu untuk menggunakan EV, tapi karena SPKLU sudah banyak, saya tidak ragu lagi,” kata Doni. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada PLN atas dukungan infrastruktur bagi pengguna kendaraan listrik selama pemilu kali ini.

Dukungan PLN dalam menyediakan SPKLU yang luas dan andal diharapkan dapat meningkatkan adopsi kendaraan listrik dan memberikan kontribusi positif terhadap mobilitas berkelanjutan di Indonesia, serta memastikan kelancaran proses pemungutan suara pada Pemilu 2024.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *