Operasi Keselamatan Samrat 2024: Penegakan Disiplin Lalu Lintas Menuju Kebijakan Praduga Keselamatan

KLIK24.NEWS Kotamobagu – Operasi Keselamatan Samrat 2024, Polres Kotamobagu telah meluncurkan operasi lalu lintas bertajuk “Keselamatan Samrat 2024” dengan tujuan menurunkan angka kecelakaan dan pelanggaran selama bulan suci Ramadhan dan perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah. Operasi ini dipimpin oleh Wakapolres Kompol Arie Prakoso, SIK,MH, yang memimpin apel gelar pasukan di Mapolres Kotamobagu pada Sabtu (2/3/2024).

BACA JUGA : Menghadapi Ketidakadilan Ketika Manusia Dianggap Salah Meskipun Berbuat Baik

Dengan tema “Keselamatan Berlalu Lintas yang Pertama dan Utama”, operasi ini direncanakan berlangsung selama 14 hari mulai tanggal 4 hingga 17 Maret 2024. Beberapa target operasi termasuk pengemudi yang menggunakan ponsel, pengemudi di bawah umur, berboncengan sepeda motor lebih dari satu orang, penggunaan helm dan sabuk pengaman, mengemudi dalam pengaruh alkohol, melawan arus lalu lintas, kecepatan berlebih, kendaraan bising dan tanpa pelat nomor, serta lokasi rawan kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

Dalam amanatnya, Wakapolres menegaskan bahwa operasi ini akan mengutamakan kegiatan preemtif, preventif, edukatif, persuasif, dan humanis, dengan dukungan penegakan hukum serta teguran yang bersifat elektronik dan simpatik.

BACA JUGA : Mempererat Persatuan dan Kebhinnekaan, Pj. Wali Kota Kotamobagu Hadiri Upacara Adat Tulude

Selain personel Polres Kotamobagu, kegiatan ini juga dihadiri oleh POM TNI AD, Dishub Kotamobagu, Jasaraharja, serta Pramuka Saka Bhayangkara dan duta pelopor keselamatan lalu lintas. Dengan kolaborasi lintas sektor ini, diharapkan operasi ini tidak hanya menjadi penegakan hukum semata, tetapi juga menjadi upaya bersama dalam meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *