PT PLN (Persero) Siap Dukung Upaya Pemerintah dengan Tarif Listrik Tetap Terjangkau untuk Triwulan II 2024

Ilustrasi petugas PLN secara rutin melakukan pemeliharaan infrastruktur untuk menjaga keandalan pasokan listrik bagi masyarakat.

KLIK24.NEWS Kotamobagu – PT PLN (Persero) bersama Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk menjaga daya beli masyarakat dengan menghadirkan tarif listrik yang tetap terjangkau untuk periode triwulan II tahun 2024. Langkah ini diambil dalam upaya menyikapi kondisi ekonomi makro yang dihadapi oleh negara.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jisman P. Hutajulu, menjelaskan bahwa parameter ekonomi makro yang digunakan untuk penetapan tarif listrik triwulan II tahun 2024 adalah kurs, harga minyak mentah, inflasi, dan Harga Batubara Acuan (HBA). Meskipun beberapa parameter menunjukkan kecenderungan kenaikan, Pemerintah memutuskan untuk menjaga tarif listrik tetap atau tidak naik.

BACA JUGA : Wali Kota Resmikan Pasar Senggol di Kota Kotamobagu untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

“Kami menyadari pentingnya menjaga daya beli masyarakat, oleh karena itu, Pemerintah memutuskan untuk menetapkan tarif listrik tetap atau tidak naik meskipun berdasarkan parameter ekonomi yang ada, seharusnya terjadi penyesuaian,” ujar Jisman.

Keputusan ini juga mencakup tarif tenaga listrik untuk 25 golongan pelanggan bersubsidi, yang tetap tidak mengalami perubahan dan akan terus diberikan subsidi listrik. Pelanggan yang termasuk dalam kategori ini antara lain adalah pelanggan sosial, rumah tangga miskin, industri kecil, dan pelanggan yang listriknya diperuntukkan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kementerian ESDM juga terus mendukung PT PLN (Persero) untuk melakukan langkah-langkah efisiensi operasional dan memacu penjualan tenaga listrik secara lebih agresif dengan tetap menjaga mutu pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA : Kunjungan Pejabat Sementara (PJ) Walikota Kotamobagu dalam Rangka Peresmian Pasar Senggol di Akhir Ramadan Disambut Antusias oleh Masyarakat

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan bahwa PLN siap mendukung upaya pemerintah dalam menghadirkan energi listrik yang andal dan terjangkau untuk seluruh pelanggan. “PLN telah melakukan berbagai upaya efisiensi dan digitalisasi untuk menjaga komitmen tersebut,” ujar Darmawan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai rincian tarif tenaga listrik di kuartal II 2024 (April-Juni), pelanggan dapat mengaksesnya melalui situs resmi PLN di https://web.pln.co.id/pelanggan/tarif-tenaga-listrik/tariff-adjustment. Dengan langkah ini, diharapkan masyarakat dapat tetap merasakan manfaat dari tarif listrik yang terjangkau, sehingga dapat mendukung aktivitas ekonomi dan kehidupan sehari-hari yang lebih baik.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *