PLN Siaga Selama Libur Idul Fitri: Mempersiapkan Ketersediaan Listrik dan Pengisian Kendaraan Listrik

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tengah) didampingi Direktur Keuangan PLN Sinthya Roesly (kiri) dan Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto (kanan) saat menyampaikan paparan dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta

KLIK24.NEWS Jakarta – Komisi VI DPR RI memberikan apresiasi terhadap upaya PT PLN (Persero) dalam menjaga keandalan pasokan listrik selama momen Ramadan dan Idul Fitri 1445 H. Mereka juga mengapresiasi PLN atas fasilitas pengisian daya kendaraan listrik yang disediakan untuk memfasilitasi pemudik saat Idul Fitri tahun ini.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima, menyatakan dukungan Komisi VI dalam memastikan ketersediaan pasokan listrik yang andal dan pelayanan terbaik selama libur Idul Fitri tahun ini. Dia juga menekankan pentingnya persiapan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk mendukung pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

BACA JUGA : Apresiasi Komisi VI DPR RI terhadap Peningkatan Kinerja Keuangan PLN

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa saat ini seluruh kondisi kelistrikan untuk menyambut Idul Fitri 1445 H dalam kondisi aman dan andal. PLN telah melakukan persiapan dalam 2 bulan terakhir, mulai dari energi primer, pembangkit, sistem transmisi, distribusi, hingga pelayanan pelanggan.

Darmawan memastikan bahwa pasokan energi primer pada seluruh pembangkit listrik dalam kondisi aman, dengan cadangan di atas 20 hari. Selain itu, pemeliharaan juga telah dilakukan pada pembangkit dan jaringan transmisi hingga distribusi sebelum memasuki masa siaga Idul Fitri.

BACA JUGA : Dian Burlian: Membawa Keadilan bagi Masyarakat Tak Mampu

PLN juga menyiapkan 81.591 personel siaga dan 2.766 posko siaga yang siap melayani kebutuhan masyarakat selama liburan Idul Fitri tahun ini. Khusus untuk persiapan mudik, PLN telah menyiapkan 1.299 unit SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia. Seluruh SPKLU ini beroperasi optimal, terutama di ruas tol Trans Jawa dan Trans Sumatra yang menjadi pusat mobilisasi masyarakat.

Petugas PLN mengecek kesiapan peralatan kerja yang akan digunakan dalam masa siaga libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Darmawan juga menegaskan bahwa PLN telah menyiagakan petugas yang berjaga 24 jam di SPKLU untuk membantu para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Selain itu, PLN juga menyiapkan 3 unit SPKLU Mobile yang siap memenuhi kebutuhan para pemudik di sepanjang perjalanan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo), Ari Dartomo, menambahkan bahwa PLN di wilayahnya juga telah menyiagakan 50 posko dengan 58 titik lokasi prioritas, serta menyiapkan berbagai peralatan pendukung seperti mobil gangguan, motor gangguan, crane, gardu bergerak, UPS, genset, dan SPKLU.

Semua persiapan ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan listrik yang andal dan pelayanan yang optimal selama momen Idul Fitri. PLN berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat selama momen penuh makna ini.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *