Pemerintah Indonesia Mendorong Pembentukan Global Water Fund untuk Mengatasi Krisis Air Dunia

Logo World Water Forum ke-10 2024 terpampang di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3/2024). Indonesia menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 dengan tema Water for Shared Prosperty yang akan digelar pada 18--25 Mei 2024 di Bali

KLIK24.NEWS Pemerintah Indonesia secara aktif mendorong pembentukan Global Water Fund dalam ajang World Water Forum ke-10 yang dijadwalkan berlangsung pada 18-25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali. Koordinator Subtema Pembiayaan Air Berkelanjutan World Water Forum ke-10 dan Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Herry Trisaputra Zuna, menegaskan urgensi Global Water Fund sebagai respons terhadap ketimpangan anggaran dan percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) 6 terkait akses air bersih dan sanitasi.

BACA JUGA : Badai Emas Pegadaian Syariah 2024: Kesempatan Emas untuk Meraih Berbagai Hadiah Berlimpah

“Dengan 2.2 miliar orang di seluruh dunia yang tidak memiliki akses ke air bersih, Global Water Fund diharapkan dapat mengatasi tantangan infrastruktur air, krisis air, adaptasi perubahan iklim, dan mekanisme pemantauan,” ujar Herry di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Pemerintah Indonesia telah membentuk Indonesian Water Fund (IWF) sebagai langkah konkrit untuk mendukung investasi dan penyediaan air bersih di seluruh Indonesia dengan pendanaan hingga USD1 miliar untuk proyek air bersih.

Muhammad Zainal Fatah, Ketua Sekretariat Panitia Nasional Penyelenggara World Water Forum ke-10 dan Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, menekankan bahwa inisiasi Global Water Fund akan menjadi konsep utama yang akan dibahas di forum tersebut.

BACA JUGA : World Water Forum ke-10 Majukan UMKM dan Pariwisata Indonesia

Boby Wahyu Hernawan, Direktur Pusat Pendanaan Iklim dan Kebijakan Multilateral, Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, menyoroti pentingnya pembangunan arsitektur pembiayaan global dalam menghadapi krisis air.

Pemerintah Indonesia mengusung empat misi penting dalam World Water Forum ke-10, termasuk upaya untuk mendukung penetapan Hari Danau Sedunia untuk menjaga keberlanjutan sumber daya air.

Diharapkan, langkah-langkah ini akan membawa dampak positif signifikan dalam mengatasi krisis air global dan meningkatkan akses air bersih bagi masyarakat dunia.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *