Inisiatif Berkelanjutan PT PLN: Membangun Masa Depan Energi Hijau

Suasana diskusi Panel pada sela peringatan Hari Bumi 2024 yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (8/5).

KLIK24.NEWS Jakarta – Inisiatif Berkelanjutan PT PLN (Persero) menghadirkan inisiatif berkelanjutan yang mendapat respons positif dari berbagai kalangan. Diskusi panel tersebut menjadi ajang penting untuk mengungkapkan dukungan terhadap langkah-langkah PLN dalam menggalakkan gaya hidup yang ramah lingkungan. Pada peringatan Hari Bumi 2024 yang digelar di Jakarta pada Rabu (8/5).

BACA JUGA : Perkasa Bersama: TMMD ke-120 Reguler Kodim 1303/BM Membangun Desa Modayag III

Salah satu poin utama yang disorot adalah peran penting PLN dalam pengelolaan sampah di Indonesia. Novrizal Tahar, Direktur Pengelolaan Sampah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menyoroti program pengolahan sampah menjadi energi listrik yang telah dilakukan oleh PLN. Menurutnya, langkah ini merupakan aksi mitigasi yang signifikan dalam menurunkan emisi gas rumah kaca.

Dalam kesempatannya, Direktur Pengelolaan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Novrizal Tahar menyatakan, PLN memiliki peran penting dalam pengelolaan sampah di Indonesia. Ini tercermin dari program pengolahan sampah menjadi energi listrik yang telah dilakukan PLN.

Pendiri AmbikA Institute, Rustiawan Anis, juga menyambut baik upaya PLN dalam mengembangkan energi baru dan terbarukan (EBT), yang diyakininya menjadi peluang dalam pasar offset karbon. Rustiawan menggarisbawahi komitmen PLN dalam melakukan inventarisasi dan manajemen yang bertahap untuk mereduksi emisi.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menekankan bahwa transformasi PLN bukan hanya menjawab tantangan masa kini, tetapi juga mempersiapkan perusahaan untuk masa depan. PLN berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga berperan dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

Darmawan juga menegaskan bahwa PLN siap mengubah berbagai tantangan menjadi peluang, terutama dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi melalui penyediaan energi yang terjangkau dan berkelanjutan. Namun, ia menekankan bahwa ini bukanlah tugas individu, melainkan membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak.

Direktur Electricity Related Business PLN Icon Plus, Chipta Perdana menjelaskan, gaya hidup yang berkelanjutan juga tercipta melalui akselerasi ekosistem kendaraan listrik. Oleh karena itu, selain terus memperkuat infrastruktur kendaraan listrik secara fisik, pihaknya juga mengimbanginya secara digital melalui aplikasi PLN Mobile.

Di sisi lain, Direktur Electricity Related Business PLN Icon Plus, Chipta Perdana, menjelaskan upaya PLN dalam menciptakan gaya hidup berkelanjutan melalui akselerasi ekosistem kendaraan listrik. PLN Group telah merambah secara masif dengan membangun infrastruktur seperti SPKLU, fasilitas penukaran baterai, dan pengisian daya di rumah. Selain itu, aplikasi PLN Mobile juga turut menjadi wadah yang mengintegrasikan layanan terkait kendaraan listrik.

BACA JUGA : Sinergi Komunitas untuk Percepatan Pembangunan: Kegiatan TMMD Ke-120 di Desa Modayag III

Dengan berbagai inisiatif ini, PLN menunjukkan komitmennya dalam memimpin perubahan menuju energi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Respons positif dari berbagai kalangan menjadi dorongan bagi PLN untuk terus berinovasi dan berkolaborasi demi membangun masa depan yang lebih baik untuk lingkungan dan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *