Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Gelar Aksi Bersih di Palu dan Serahkan Mesin Pencacah Sampah

Pegawai PLN bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Korem 132/Tadulako Melakukan pembersihan di kampung Nelayan, Palu, Selaweis Tengah

Palu – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo) memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan menggelar aksi bersih lingkungan di Palu. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Green Employee Involvement, yang diadakan di dua lokasi: Kampung Nelayan dan TPA Kawatuna di Kecamatan Mantikulore. Selain itu, PLN juga menyerahkan perlengkapan alat kerja dan mesin pencacah sampah untuk mendukung pengelolaan sampah di daerah tersebut.

BACA JUGA : Pasokan BBM Terhenti, PLN dan Pemkab Banggai Bersatu Atasi Gangguan Kelistrikan di Luwuk

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu, Mohamad Arief, mengapresiasi inisiatif PLN dalam menjaga kebersihan lingkungan dan berharap aksi serupa dapat menjadi contoh bagi BUMN lain di Kota Palu.

“Hari ini, bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan melalui kegiatan bersih-bersih pantai dan pengelolaan sampah. Saya berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut dan konsisten di masa mendatang,” ujar Arief.

Ket. Foto : Penyerahan Perlengkapan alat kerja serta mesin pencaca sampah

Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Korem 132/Tadulako. Kolonel CZI Zaenal Arifin, mewakili Komandan Korem, menyatakan dukungannya terhadap kegiatan Green Employee Involvement dan mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

“Pagi ini, mari kita bersyukur kepada Allah SWT dan bersama-sama membersihkan lingkungan yang kita cintai,” ucap Zaenal.

BACA JUGA : PLN Siap Digitalisasi PLTD Siladen di Bunaken sebagai Pilot Project Pembangkit Cerdas di Manado

Dalam sambutan yang disampaikan oleh W. Gautama, Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum PLN UID Suluttenggo, disebutkan bahwa peran PLN kini tidak hanya terbatas pada penyediaan listrik yang andal, tetapi juga melibatkan diri dalam pelestarian lingkungan.

“Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN ingin menunjukkan komitmen nyata dengan berkolaborasi dalam penanganan sampah sebagai bagian dari transisi energi. Program ini juga merupakan implementasi prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG),” kata Gautama.

Ia menambahkan, aksi nyata yang dilakukan oleh PLN ini bertujuan untuk mengurangi timbunan sampah yang dapat menurunkan kualitas hidup masyarakat dan sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 12, yaitu konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

“Green Employee Involvement ini adalah inisiatif untuk meningkatkan kepedulian pegawai PLN agar aktif terlibat sebagai relawan dalam program peduli lingkungan,” jelas Gautama.

Dengan aksi bersih ini, PLN berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, sekaligus mendorong partisipasi aktif dari masyarakat dan pegawai dalam menjaga lingkungan sekitar.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *