Presiden Jokowi Tandai Groundbreaking PLN Hub, Pusat Transisi Energi dan Layanan Digital di IKN

Dalam agenda tersebut, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyatakan bahwa PLN Hub akan menjadi tempat bagi berkumpulnya semua stakeholder.

KLIK24.NEWS Penajam Paser Utara – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), secara resmi melakukan peletakan batu pertama pembangunan PLN Hub, pusat ekosistem transisi energi dan layanan digital terbesar di Indonesia. Acara groundbreaking ini berlangsung di jantung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Rabu (5/6).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa PLN Hub akan menjadi pusat berkumpulnya semua stakeholder dan mitra yang terkait dengan PT PLN (Persero).

“Saya sangat menghargai dibangunnya PLN Hub yang akan mengumpulkan semua stakeholder dan mitra yang berhubungan dengan PT PLN,” ujar Presiden Jokowi.

BACA JUGA : PLN Gelar Aksi Bersih dan Olah Sampah di 54 Lokasi se-Indonesia dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Presiden juga menekankan bahwa keberadaan PLN Hub akan mempercepat transisi energi dan menarik berbagai investasi ke IKN.

“Setiap ada investor yang ingin masuk ke Indonesia, baik untuk data center atau industri aluminium, mereka selalu menanyakan ketersediaan energi hijau. Dengan adanya PLN Hub, kita dapat menyediakan solusi energi hijau ini,” tambahnya.

Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa PLN Hub bukan hanya untuk PLN, tetapi juga untuk ekosistem besar yang berisi mitra dan jejaring bisnis yang berkolaborasi dalam transisi energi.

“Kami sudah berkomunikasi dengan mitra dan jejaring bisnis internasional. Kolaborasi dengan mereka akan terus berlanjut dengan berkantor di IKN,” jelas Darmawan.

Seremoni groundbreaking pembangunan PLN Hub di Pusat IKN yang dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (tengah), Menteri Sekretaris Negara Praktikno (paling kanan), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (paling kiri), Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kedua dari kanan) dan Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik (kedua dari kiri).

Terkait pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk IKN, Darmawan menyatakan bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 50 megawatt (MW) siap beroperasi penuh pada upacara HUT Republik Indonesia mendatang. Selain itu, PLN juga mempersiapkan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk memasok listrik berbasis energi bersih ke IKN.

“Akhir tahun lalu, Bapak Presiden sudah meresmikan groundbreaking PLTS di IKN. InsyaAllah, upacara 17 Agustus nanti di IKN akan menggunakan listrik yang sepenuhnya berbasis EBT. Kami juga mempersiapkan hydro power di sekitar IKN untuk memastikan pasokan listrik jangka panjang 100% dari EBT,” lanjut Darmawan.

BACA JUGA : Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Gelar Aksi Bersih di Palu dan Serahkan Mesin Pencacah Sampah

Darmawan juga berterima kasih kepada Pemerintah atas penyediaan lokasi strategis untuk pembangunan PLN Hub, yang hanya berjarak 1 kilometer dari Istana Negara dan memiliki luas 1,39 hektare.

“Kami diberikan kepercayaan untuk menerjemahkan visi masa depan IKN yang modern, futuristik, dan green dari sisi ketenagalistrikan. Terima kasih atas kesempatan ini,” ungkap Darmawan.

PLN Hub akan mengusung konsep green, smart, dan beautiful, dengan tiga gedung berlantai 14 yang akan mencakup pusat perkantoran, pusat komersial, green hydrogen park, pusat studi dan penelitian, data center, laboratorium, hunian karyawan, pusat olahraga, pusat kesehatan, hingga creative center.

Darmawan juga menjelaskan bahwa PLN Hub akan menjadi pusat telekomunikasi bagi PLN ICON Plus, yang bekerja sama dengan Telkom dalam pembangunan infrastruktur fiber optik untuk telekomunikasi Multi Utility Tunnel (MUT) yang terintegrasi dengan infrastruktur ketenagalistrikan.

Dengan konsep ini, PLN Hub diharapkan menjadi episentrum penelitian dan pengembangan, kolaborasi bisnis, teknologi, dan pendidikan yang mendukung IKN dan transisi energi di Indonesia.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *