PLN Sukses Layani 340 Transaksi Pengisian Mobil Listrik di IKN Selama HUT RI ke-79

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kanan) dan General Manager PLN Unit Induk Distribusi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Agung Murdifi (kiri) saat melakukan inspeksi kesiapan salah satu lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang terletak di Kementerian Sekretariat Negara di IKN.

KLIK24.NEWS Nusantara – PT PLN (Persero) tidak hanya berhasil mengawal keandalan pasokan listrik selama upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), tetapi juga sukses mendukung operasional kendaraan listrik (EV) melalui Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang mereka siagakan.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengungkapkan bahwa sebanyak 18 SPKLU telah disiapkan di berbagai titik strategis di IKN, meliputi Stadion Batakan, Kantor Sekretariat Negara IKN, dan Gardu Hubung sementara. Hingga 17 Agustus 2024, tercatat lebih dari 340 transaksi pengisian daya mobil listrik telah dilayani, dengan total konsumsi daya mencapai 6.568 kilowatt hour (kWh).

BACA JUGA : Upacara HUT Ke-79 RI di IKN Sukses Tanpa Kedip: Listrik Hijau PLN Jadi Andalan

“Seluruh transaksi dilakukan secara digital melalui SuperApp PLN Mobile, memastikan proses pengisian daya kendaraan listrik berjalan cepat dan efisien. Ini sejalan dengan visi Forest City IKN yang 100 persen menggunakan ekosistem energi ramah lingkungan,” ujar Darmawan.

Petugas PLN sedang melakukan pengisian daya mobil listrik Polisi Militer di SPKLU Kementerian Sekretariat Negara.

Darmawan juga menambahkan bahwa infrastruktur SPKLU yang terdiri dari 8 unit Ultra Fast Charging, 4 unit Fast Charging, 3 Medium Charging, dan 3 SPLU, mampu menopang kebutuhan operasional kendaraan listrik selama peringatan HUT RI. Kendaraan yang dilayani mencakup mobil listrik Sekretariat Negara, bus listrik, mobil listrik Polri, buggy, taksi listrik, dan motor listrik Paspampres.

BACA JUGA : Wujudkan Semangat Kemerdekaan, Pj. Wali Kota Kotamobagu Sampaikan Apresiasi Kepada Paskibraka dan Semua Pihak yang Terlibat

Selain itu, seluruh listrik yang digunakan di IKN bersumber dari energi baru terbarukan (EBT) yang dihasilkan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN berkapasitas 10 Megawatt (MW). Dengan demikian, mulai dari hulu hingga hilir, seluruh sistem kelistrikan di IKN telah menerapkan energi bersih dan berteknologi canggih.

“PLN berhasil membuktikan bahwa infrastruktur kelistrikan di IKN tidak hanya andal tetapi juga berorientasi pada masa depan dengan menggunakan teknologi hijau yang sesuai dengan konsep green, smart, dan beautiful,” kata Darmawan.

Dalam menjaga keandalan listrik selama gelaran HUT RI, PLN juga menerjunkan 450 personel yang bersiaga 24 jam penuh di titik-titik strategis, didukung oleh Command Center yang memantau seluruh jaringan secara real time.

Dengan persiapan matang yang mencakup infrastruktur SPKLU, pasokan listrik hijau, dan personel terlatih, PLN berhasil menyukseskan peringatan HUT ke-79 RI di IKN, memastikan semua berjalan lancar dan efisien.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *