Transformasi Berkelanjutan Berbuah Manis, Dirut PLN Darmawan Prasodjo Raih Penghargaan The Prominent CEO of The Year

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo di wakili oleh Vice President ESG dan Safeguard PLN Imam Muttaqien (kanan) saat menerima penghargaan The Prominent CEO of The Year dalam ajang Prominent Award 2024 yang diberikan oleh Direktur Utama Metro TV Arief Suditomo (kiri).

KLIK24.NEWS Jakarta – Di bawah kepemimpinan yang visioner, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo berhasil membawa perusahaan menuju puncak prestasi dengan meraih penghargaan bergengsi The Prominent CEO of The Year dalam ajang Prominent Award 2024. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas keberhasilannya memimpin transformasi berkelanjutan di PLN, yang tidak hanya menghasilkan kinerja bisnis terbaik, tetapi juga menjadikan perusahaan sebagai pionir dalam transisi energi hijau yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

PLN dinilai sukses menghasilkan laporan keuangan yang memuaskan serta memberikan kontribusi besar bagi negara, sekaligus menjadi motor penggerak dalam upaya transisi energi nasional. Keberhasilan ini juga diikuti dengan perolehan dua penghargaan tambahan, yaitu Excellent Business Transformation & Financial Performance dan Pioneer In Green Energy Transition dalam penghargaan yang bertajuk ‘Untukmu Indonesia’, yang diselenggarakan pada Jumat, 9 Agustus di Jakarta.

BACA JUGA : Kristal Otokontes 2024: Modifikasi Bentor dan Motor, Pesta Meriah Bersama Tipe-X, DJ Desa, dan Braga di Kotamobagu!

Arief Hidayat Thamrin, CEO Salutee.id sekaligus penyelenggara acara, menyatakan bahwa penghargaan ini diberikan kepada para pemimpin yang berhasil memenuhi empat aspek utama, yaitu Profit, People, Planet, dan Prophet. Kriteria tersebut mencakup kemampuan mencetak keuntungan, kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan, serta komitmen untuk menjalankan amanah Tuhan demi kebaikan umat manusia.

“Kami mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang Prominent Award 2024. Semoga prestasi ini dapat menjadi inspirasi dan membawa kemajuan bagi perusahaan, bangsa, dan negara Indonesia,” ujar Arief.

Pada tahun 2023 PLN meresmikan Green Hydrogen Plant (GHP) pertama di Indonesia yang berlokasi di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Karang, Pluit, Jakarta. Hingga saat ini telah terdapat 22 GHP di pembangkit-pembangkit PLN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Darmawan Prasodjo menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh insan PLN yang terus mendukung transformasi proses bisnis di perusahaan. Ia menekankan bahwa transformasi ini telah berhasil merombak struktur organisasi PLN, termasuk membentuk Holding dan Sub Holding yang menjadikan PLN lebih efisien dan terintegrasi.

“Melalui transformasi ini, PLN membentuk dua sub holding pembangkitan terbesar di Asia Tenggara, yaitu PLN Indonesia Power dan PLN Nusantara Power. Kami juga menghadirkan PLN Energi Primer Indonesia untuk memastikan ketersediaan pasokan energi primer, serta PLN ICON Plus untuk mengembangkan lini bisnis baru di luar kelistrikan,” jelas Darmawan.

BACA JUGA : Kemenkeu Sulut Awali Semester II dengan Optimis

Darmawan juga menegaskan komitmen PLN untuk terus mendukung agenda pemerintah dalam mencapai Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060, sembari terus berinovasi guna menciptakan peluang ekonomi baru melalui transisi energi.

Selain itu, PLN juga aktif dalam mengimplementasikan program co-firing biomassa di PLTU, memanfaatkan limbah Fly Ash and Bottom Ash (FABA), serta mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dengan menyediakan berbagai fasilitas pengisian daya di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan pencapaian ini, PLN terus menunjukkan peran strategisnya sebagai perusahaan yang tidak hanya unggul dalam kinerja bisnis, tetapi juga berkomitmen penuh terhadap keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *