KPP Pratama Kotamobagu Gelar Simulasi Penanganan Bencana Bersama Satpol PP dan Damkar, Pegawai Siap Hadapi Situasi Darurat!

KLIK24.NEWS Kotamobagu – Dalam rangka meningkatkan kesiapan menghadapi situasi darurat, KPP Pratama Kotamobagu bekerja sama dengan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kotamobagu menggelar pelatihan simulasi penanganan bencana yang diikuti oleh seluruh pegawai dan satuan pengamanan (Satpam).

Kegiatan yang digelar sebagai bagian dari mitigasi risiko ini bertujuan untuk menjaga keamanan Barang Milik Negara (BMN) serta melatih respons cepat dalam menghadapi ancaman kebakaran dan bencana lainnya.

BACA JUGA : Pj. Wali Kota Kotamobagu Hadiri Rapat Paripurna DPRD: Persetujuan Rancangan Perubahan APBD 2024

Dalam pelatihan ini, tim pemadam kebakaran memberikan panduan lengkap mengenai langkah evakuasi yang aman dan efisien. Mereka juga mengajarkan teknik pemadaman api dengan alat pemadam api ringan (APAR) serta strategi penanggulangan bencana yang efektif. Selain teori, peserta juga diajak untuk langsung mempraktikkan teknik pemadaman kebakaran kecil, memastikan bahwa setiap pegawai dan Satpam mampu bertindak sebelum bantuan profesional tiba.

Kepala KPP Pratama Kotamobagu Novi Munarianto, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan langkah konkret dalam meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana, terutama untuk meminimalkan risiko kerusakan dan menjaga keamanan aset-aset penting milik negara. “Kami berharap seluruh peserta mendapatkan pemahaman yang baik, sehingga dapat merespons cepat dan tepat dalam situasi darurat,” ujarnya.

BACA JUGA : Putra Kotamobagu, Fabio Milanazzuri Balamba, Siap Harumkan Nama Daerah di Parlemen Remaja 2024

Salah satu bagian menarik dari kegiatan ini adalah demonstrasi langsung penggunaan APAR oleh tim Damkar. Para peserta diberi kesempatan mencoba alat tersebut untuk memadamkan api kecil, yang bertujuan untuk menambah kepercayaan diri dalam menghadapi insiden kebakaran ringan.

Dengan adanya simulasi ini, diharapkan seluruh pegawai KPP Pratama Kotamobagu dan satuan pengamanan menjadi lebih sigap dan terlatih dalam menghadapi situasi bencana, baik di lingkungan kantor maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Pelatihan semacam ini tidak hanya penting untuk melindungi aset negara, tetapi juga sebagai bagian dari tanggung jawab bersama dalam menjaga keselamatan dan keamanan seluruh pegawai. KPP Pratama Kotamobagu berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya mitigasi risiko dan menyelenggarakan kegiatan pelatihan serupa di masa mendatang. Terus tingkatkan kesiapan, karena bencana bisa datang kapan saja!***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *