Evaluasi Kredensial BPJS Kesehatan di Puskesmas Kota Kotamobagu: Langkah Menuju Layanan Kesehatan Berkualitas

KLIK24.NEWS Kotamobagu – Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu bersama BPJS Kesehatan Cabang Kota Kotamobagu telah melaksanakan kegiatan Kredensial di seluruh Puskesmas Kota Kotamobagu. Program ini bertujuan untuk mengevaluasi fasilitas kesehatan guna menentukan kelayakan kerja sama antara BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan, terutama dalam menyediakan layanan yang berkualitas bagi peserta BPJS.

Kegiatan kredensial ini dimulai pada 26 September hingga 3 Oktober 2024 dan dilakukan dengan pendampingan dari Tim Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu. Seluruh Puskesmas di wilayah Kota Kotamobagu menjadi objek evaluasi, dengan fokus untuk memastikan standar pelayanan yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan dapat terpenuhi, sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat menjadi lebih optimal.

BACA JUGA : Kolaborasi PLN Bersama Bank BTN dan REI: 2.325 Rumah Tangga di Palu Siap Tersambung Listrik hingga 2025

Beberapa aspek utama yang menjadi fokus dalam proses kredensial ini antara lain:

1. Kualitas Pelayanan Kesehatan
Evaluasi menyeluruh dilakukan terhadap kualitas layanan yang diberikan di setiap Puskesmas. Tujuannya adalah memastikan bahwa standar pelayanan dapat memberikan kenyamanan, keamanan, dan kepuasan bagi peserta BPJS Kesehatan.

2. Fasilitas Pendukung
Peninjauan sarana dan prasarana yang tersedia, termasuk ketersediaan alat medis, tenaga kesehatan yang memadai, serta infrastruktur pendukung yang lain di Puskesmas, turut menjadi bagian penting dalam penilaian.

3. Sistem Administrasi dan Layanan BPJS
Aspek administrasi terkait kelancaran sistem klaim BPJS, aksesibilitas layanan bagi peserta, serta kecepatan dalam menangani permintaan layanan juga turut dievaluasi untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pelayanan.

BACA JUGA : Kinerja Makin Cemerlang, Pegadaian Sabet 2 Penghargaan di Bisnis Indonesia TOP BUMN Awards 2024

Kegiatan kredensial ini merupakan langkah penting dalam memastikan bahwa Puskesmas di Kota Kotamobagu mampu memberikan layanan kesehatan sesuai dengan standar yang ditetapkan BPJS Kesehatan. Dengan evaluasi ini, kerja sama yang terjalin diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan bagi peserta BPJS di Kota Kotamobagu.

Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu dan BPJS Kesehatan Kota Kotamobagu berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah ini, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat mengakses layanan yang berkualitas dan merata.

Hasil dari kegiatan kredensial ini akan menjadi acuan utama dalam memutuskan kelayakan kerja sama antara BPJS Kesehatan dan Puskesmas di Kota Kotamobagu. Dengan adanya evaluasi ini, diharapkan pelayanan kesehatan di seluruh Puskesmas akan semakin baik, serta fasilitas dan tenaga medis yang terstandarisasi siap melayani kebutuhan masyarakat secara lebih maksimal.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *