Ketua TP PKK Boltim Memberikan Materi pada Pelatihan Perlindungan Perempuan dan Anak

KLIK24.NEWS Boltim – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Ny. Seska Ervina Budiman S.Sos, memberikan materi pada Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) dalam pelatihan Manajemen Kasus dan Peningkatan Standar Layanan Perlindungan Perempuan dan Anak. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) PPA Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA) di Hotel Sutanraja Kotamobagu pada Rabu (11/10/2023).

BACA JUGA : Berkembangnya Suken Palsu untuk P3K, Bupati Boltim Geram

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Boltim menjelaskan mengenai standar perlindungan perempuan dan anak. “Standar Perlindungan kepada Perempuan dan anak adalah upaya Penanganan untuk melindungi dan memenuhi hak perempuan dan anak dari segala bentuk tindak kekerasan diskriminasi perlindungan khusus dan masalah lainnya,” kata Seska.

Seska juga menyampaikan bahwa Satgas PPA melibatkan siswa dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). “Para anak-anak yang ikut hari ini juga belum berusia 18 tahun, anak-anak masih dibawah umur dan mereka juga masuk dalam Satgas PPA. Mereka bertugas di sekolah, dan ketika ada yang mereka lihat di sekolah, seperti kekerasan terjadi kepada teman-teman di sekolah, mereka boleh melapor. Jadi melapor itu tidak harus korban yang melihat, yang mendengar, yang menyaksikan kekerasan itu bisa melapor ada hotline-nya,” ujar Seska.

Ketua TP PKK Boltim juga menjelaskan tugas dari UPTD PPA kepada para Satgas PPA. “UPTD PPA bertugas menerima pelayanan pengaduan masyarakat, menerima laporan, dan penanganan atas kasus perempuan dan anak. Standar layanan adalah pedoman bagi UPTD PPPA dalam menyelenggarakan fungsi layanan PPA kepada masyarakat penerima manfaat secara cepat, akurat, komprehensif, dan integratif. Tujuannya adalah menjadi dasar dalam melakukan penilaian khusus layanan, akreditasi, kelemahan kelembagaan UPTD PPPA, upaya perbaikan layar PPPA secara cepat, kompeten, dan integratif integrase,” jelasnya.

BACA JUGA : Silaturahmi di Kotamobagu Utara, Pj. Wali Kota Asripan Nani Gelar Kunjungan Kerja

Di akhir sambutannya, Ketua TP PKK Boltim meminta kepada Satgas PPA untuk bersama-sama dengan pemerintah memberantas kekerasan pada perempuan dan anak. “Selamat bertugas kepada Satgas PPA, semoga upaya dan semangat kita hari ini akan berdampak menurunnya angka kekerasan terhadap perempuan dan di masa yang akan datang sukses. Jadi tugas mulia ini, ibu-ibu, dari bapak-bapak, juga dari Satgas PPA, mari kita bersama-sama memberantas kekerasan terhadap perempuan dan juga anak di Bolaang Mongondow Timur,” tutupnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *