Dukung Kelancaran Pemilu, PLN Siapkan Pengamanan Khusus Di Lokasi Pemilihan Dan Perhitungan Suara

KLIK24.NEWS Manado – Dukung Kelancaran Pemilu, PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo) telah memastikan keandalan pasokan listrik untuk mendukung kelancaran proses demokrasi. Sebagai bagian dari upaya mendukung Pemilu yang aman dan lancar, PLN telah menyiapkan pengamanan khusus di lokasi pemilihan dan perhitungan suara di seluruh wilayah kerjanya, pada Rabu (14/2).

Ari Dartomo, General Manager PLN UID Suluttenggo, menekankan pentingnya suplai listrik yang andal selama Pemilu. Oleh karena itu, PLN telah menyiapkan pengamanan khusus di lokasi pemilihan dan perhitungan suara untuk memastikan pasokan listrik tetap stabil.

BACA JUGA : Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Raih Kemenangan dalam Pemilu 2024

“Dengan pendirian posko pengamanan khusus, kami berharap dapat merespons dengan cepat setiap potensi gangguan listrik yang dapat menghambat proses pemilihan. Personel PLN telah ditempatkan di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk merespons situasi dengan cepat,” ungkap Dartomo.

Selain itu, beberapa Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) seperti PLN UP3 Luwuk juga telah melakukan siaga kelistrikan di 5 kabupaten, yaitu Banggai, Banggai Laut, Banggai Kepulauan, Tojo Una – Una, dan sebagian Morowali Utara. Standar Operasional Prosedur (SOP) telah dibuat sebagai panduan bagi personel PLN UP3 Luwuk untuk memastikan keamanan dan kelancaran distribusi listrik saat Pemilu berlangsung.

Ansar, Manager UP3 Luwuk, menyatakan bahwa sistem di wilayahnya telah dipastikan dalam kondisi andal dengan koordinasi intensif dengan semua elemen internal PLN. “Kami berkomunikasi dengan KPU setempat dan area-area strategis lainnya. Backup listrik kami termonitor dengan baik, dan petugas kami siap bertindak cepat di setiap lokasi,” ujarnya.

Di wilayah UP3 Gorontalo, Manager Rudiyanto Loleh memantau langsung kondisi kelistrikan dari Command Center Posko Siaga PLN. “Kondisi kelistrikan normal dan seluruh personel siaga telah mengamankan pasokan tenaga listrik,” tuturnya.

Selain itu, UP3 Palu juga telah melakukan siaga kelistrikan dengan SOP yang telah disusun untuk memastikan keamanan dan kelancaran penyaluran listrik. Yanuar, Manager PLN UP3 Palu, melaporkan bahwa kondisi kelistrikan di wilayahnya normal, dengan 310 personel Yantek tersebar di 39 Posko pengamanan.

Manajer PLN UP3 Kotamobagu, Anjar Widyatama, memantau langsung kondisi kelistrikan dan memastikan ketersediaan backup listrik. “Tim kami selalu aktif memantau sistem kelistrikan, dan siap merespons gangguan dengan cepat,” katanya.

BACA JUGA : Suasana Penuh Semangat, Forkopimda Kotamobagu Memantau Jalannya Pemilu

Bahkan, dari daerah Kepulauan Sangihe, PLN UP3 Tahuna telah mempersiapkan segala sesuatu untuk menjaga pasokan listrik. Manager M. Fauzan menyebut bahwa mereka telah menyiagakan 415 petugas dan menyediakan sarana pendukung di seluruh TPS di wilayahnya.

PLN telah berupaya maksimal untuk memastikan ketersediaan listrik yang stabil selama periode pemilu, bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk memastikan bahwa proses pemilihan berlangsung lancar tanpa gangguan listrik. Semua ini adalah bagian dari komitmen PLN dalam mendukung demokrasi di Indonesia.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *