Pastikan Kelancaran HUT RI ke-79, Dirut PLN Tinjau Langsung Keandalan Infrastruktur Kelistrikan di IKN

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (tengah) didampingi oleh Direktur Distribusi PLN, Adi Priyanto (kedua dari kanan), Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN, Evy Haryadi (kedua dari kiri), Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi (kanan), Direktur PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah (kiri), Direktur Utama PLN Nusa Daya, Feby Joko Priharto (ketiga dari kanan) dan General Manager PLN UID Kaltimra, Agung Murdifi (ketiga dari kiri) menyampaikan bahwa sistem kelistrikan di IKN dilengkapi dengan skema pengamanan berlapis dan ditopang oleh pembangkit yang ramah lingkungan.

KLIK24.NEWS Penajam Paser Utara – Dalam rangka memastikan kelancaran peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, melakukan inspeksi langsung terhadap keandalan infrastruktur kelistrikan di wilayah tersebut. Langkah ini menjadi bukti komitmen PLN dalam mendukung suksesnya rangkaian acara peringatan kemerdekaan di ibu kota baru.

Darmawan Prasodjo memimpin inspeksi ke sejumlah infrastruktur penting, termasuk Kawasan Istana Kepresidenan, Gedung Kementerian Koordinator, Command Center & Scada Mobile PLN, Gas Insulated Switchgear (GIS) 4, serta Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN. Inspeksi ini dilakukan untuk memastikan semua sistem berjalan dengan baik dan siap menyuplai kebutuhan listrik selama rangkaian peringatan HUT RI ke-79.

BACA JUGA : Pj. Wali Kota Kotamobagu Abdullah Mokoginta Pimpin Upacara Pemindahan Duplikat Bendera Merah Putih: Awal dari Puncak Peringatan Kemerdekaan

Dalam sela-sela inspeksi, Darmawan menegaskan bahwa sistem kelistrikan di IKN dilengkapi dengan skema pengamanan berlapis yang didukung oleh pembangkit listrik ramah lingkungan. “Kami memastikan bahwa sistem kelistrikan untuk mendukung hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia besok bisa berjalan dengan lancar. Listriknya adalah listrik hijau dengan teknologi yang sangat canggih,” ujarnya.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kedua dari kanan) turun langsung menginspeksi keandalan infrastruktur ketenagalistrikan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di IKN.

PLN telah menyiapkan empat lapis pengamanan listrik untuk memastikan kelancaran acara. “Untuk upacara hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ini sudah 4 lapis. Yaitu pertama adalah dari 2 kabel penyulang dari 2 gardu Induk yang berbeda. Kemudian kita tambah juga dengan UPS dan genset sebagai backup,” jelas Darmawan.

Ia juga menyampaikan bahwa suplai listrik hijau di IKN telah sangat mencukupi, meskipun ada peningkatan proyeksi kebutuhan listrik dari 1,5 megawatt (MW) menjadi 3 MW. Kapasitas PLTS IKN yang mencapai 10 MW memastikan kebutuhan listrik tetap aman. “Konsumsi hanya 3 MW, sedangkan produksi listrik hijau 10 MW. Maka 7 MW listrik hijau dari produksi di IKN kita evakuasi, kita kirim ke sistem interkoneksi PLN di Kalimantan,” tambahnya.

BACA JUGA : Pj. Wali Kota Kotamobagu Abdullah Mokoginta Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Kotamobagu Mendengarkan Pidato Presiden RI

Keandalan pasokan listrik di IKN didukung oleh infrastruktur yang canggih, termasuk 2 Gardu Induk (GI) 150 kilo volt (kV) dengan Kapasitas 2×60 megavolt ampere (MVA) dan GI Mobile Gersik dengan kapasitas 2×30 MVA. Selain itu, jaringan transmisi sepanjang 26,03 kilometer-route (kmr), jaringan distribusi sepanjang 64 kilometer sirkit (kms), serta 23 gardu yang terdiri dari 4 Gardu Hubung, 2 Gardu Istana, 17 Gardu Distribusi, 35 Uninterruptible Power Supply (UPS) cadangan, dan 28 genset emergency memastikan pasokan listrik tetap stabil.

Darmawan menegaskan, “Ini adalah suatu sistem kelistrikan yang berorientasi pada masa depan, yang menggambarkan transisi energi bukan hanya dalam rangka high level strategis tetapi dalam suatu operasional yang efektif.”

Dengan upaya dan komitmen yang kuat dari PLN, masyarakat dapat berharap bahwa peringatan HUT RI ke-79 di IKN akan berlangsung dengan lancar dan sukses, didukung oleh suplai listrik yang andal dan ramah lingkungan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *