PLN dan KLHK Resmikan SPKLU di Jakarta: Langkah Nyata Kurangi Emisi Karbon di Sektor Transportasi

KLIK24.NEWS Jakarta – Dalam upaya mengurangi emisi karbon dan mendukung transisi energi di Indonesia, PT PLN (Persero) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kantor KLHK, Gelora, Jakarta Pusat. Peresmian ini bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, sebagai simbol sinergi antara kedua belah pihak untuk menekan emisi karbon di sektor transportasi.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya, dalam sambutannya menekankan pentingnya penggunaan kendaraan listrik untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil.

BACA JUGA : Berikan Bantuan Listrik Gratis Untuk Panti Asuhan Cinta Kasih, GM PLN Suluttenggo Berbagi Kasih

“Dengan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan beralih ke kendaraan listrik yang menggunakan energi terbarukan, kita dapat mengurangi emisi CO2 dan dampak negatifnya terhadap perubahan iklim,” ujar Siti Nurbaya pada Minggu (9/6).

Siti Nurbaya juga mengungkapkan bahwa KLHK mendorong penuh penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, termasuk di internal KLHK. Beliau mengajak seluruh jajaran Eselon I KLHK untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas sehari-hari.

“Emisi gas buang dari kendaraan berbahan bakar fosil merupakan penyumbang utama polusi udara. Oleh karena itu, transisi kendaraan berbahan bakar fosil ke listrik adalah solusi penting yang harus kita dorong dan implementasikan,” tambahnya.

Di kesempatan lain, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan komitmen PLN dalam mendukung transisi energi di Indonesia. Salah satu upaya nyata yang dilakukan adalah pembangunan infrastruktur EV secara masif.

”PLN siap mendukung transisi energi di tanah air, salah satunya lewat penyediaan infrastruktur EV secara masif. Secara kontinyu, infrastruktur tersebut terus kami bangun dari hulu ke hilir sehingga masyarakat tidak khawatir lagi untuk menggunakan kendaraan listrik, karena infrastrukturnya sudah siap,” ujar Darmawan.

BACA JUGA : Rekayasa Arus Lalu Lintas dalam Rangka Kegiatan MTQ Tahun 2024 di Lapangan Boki Hotinimbang Kota Kotamobagu

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Lasiran, menambahkan bahwa PLN telah membangun 113 SPKLU di 98 lokasi di wilayah Jakarta dan sekitarnya, yang beroperasi 24 jam nonstop. Lasiran juga menegaskan bahwa PLN akan terus memperluas pembangunan SPKLU, terutama di lokasi yang mudah dijangkau masyarakat.

“Kami akan terus menambah SPKLU khususnya pada tempat-tempat umum yang mudah diakses masyarakat, seperti mall, terminal, stasiun, tempat parkir umum, hingga rest area,” kata Lasiran.

Untuk memudahkan masyarakat menggunakan kendaraan listrik, PLN telah menyediakan EV Digital Services (EVDS) di Super App PLN Mobile, yang dapat diakses dengan mudah melalui perangkat pribadi.

”Dengan dukungan digitalisasi, kini masyarakat bisa menikmati layanan khusus kendaraan listrik mulai dari mencari keberadaan SPKLU dan SPBKLU, mengajukan layanan home charging services, melakukan test-drive, hingga pembelian kendaraan listrik melalui PLN Mobile,” jelas Lasiran.

Peresmian SPKLU ini menunjukkan komitmen PLN dan KLHK dalam mewujudkan Indonesia yang lebih bersih dan ramah lingkungan melalui penggunaan energi terbarukan dan kendaraan listrik.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *