PLN Dinobatkan Sebagai Perusahaan Utilitas Terbaik di Asia Tenggara Versi Fortune 500

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kedua dari kiri) didampingi Direktur Manajemen Pembangkitan PLN Adi Lumakso (kiri), Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah (kanan), dan Managing Director Masdar Asia Pacific, Sujit S. Parhar (kedua dari kanan) berjalan diantara panel surya untuk memasang bendera merah putih saat meninjau pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung Cirata di Purwakarta, Jawa Barat. Kehadiran PLTS ini menjadi bukti bahwa PLN mampu menjadikan transisi energi menjadi sebuah kekuatan untuk meningkatkan ketahanan energi nasional.

KLIK24.NEWS Jakarta – PT PLN (Persero) telah mencapai prestasi gemilang dengan menjadi pemimpin dalam daftar Fortune 500 di antara seluruh industri Utilities: Gas and Electric se-Asia Tenggara. Transformasi berbasis digital secara end to end telah menempatkan PLN sebagai perusahaan nasional terdepan yang diakui secara global.

BACA JUGA : Semarak HUT Bhayangkara ke-78: Kapolres Kotamobagu Pimpin Fun Run dan Jalan Sehat

PLN berhasil mengungguli 25 perusahaan sejenis lainnya dengan menduduki peringkat keenam. Sementara itu, perusahaan asal Malaysia, Tenaga Nasional, berada di peringkat 21, disusul oleh perusahaan utilitas asal Filipina, Manila Electric, di peringkat 34, serta perusahaan utilitas asal Singapura, Singapore Power dan Sembcorp Industries, masing-masing di peringkat 63 dan 68. Dengan demikian, dalam daftar 500 Fortune Asia Tenggara, PLN berhasil menjadi juara di sektor utilitas.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kanan) saat melakukan pemantauan di Distribution Control Center pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Cirata, di Purwakarta, Jawa Barat. Transformasi berbasis digital secara end to end membuat kelistrikan lebih andal dan berhasil menjadikan PLN diakui di kancah global.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan bahwa sebagai BUMN, PLN terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Transformasi bisnis yang dilakukan membuat PLN lebih lincah dalam mengekspansi bisnis, sehingga mampu mencetak prestasi sebagai perusahaan utilitas terkemuka di Asia Tenggara.

“Khususnya untuk sektor kelistrikan, PLN tidak hanya mampu memberikan pelayanan terbaik, namun juga terus menjalankan mandat melistriki masyarakat di pelosok daerah. Capaian ini bukan hanya untuk PLN, tetapi juga untuk nama baik bangsa Indonesia,” kata Darmawan.

BACA JUGA : Pj. Wali Kota Kotamobagu Kunjungi Kemenpora Bahas Rencana Pembangunan Stadion Gelora Ambang

PLN mencatat pendapatan sebesar USD 32,01 miliar dengan laba mencapai USD 1,44 miliar. Perusahaan ini juga memiliki aset sebesar USD 108,51 miliar dan menyerap tenaga kerja sebanyak 51.245 orang.

“Raihan positif ini sejalan dengan visi PLN menjadi Top 500 Global Company. Kami berterima kasih atas kepercayaan serta dukungan penuh dari masyarakat dan pemerintah sehingga PLN dapat terus menjaga kemandirian dan ketahanan energi nasional,” ungkap Darmawan.

Prestasi ini menunjukkan bahwa transformasi dan inovasi yang dilakukan PLN tidak hanya meningkatkan kinerja perusahaan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat luas.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *