PLN Electric Run 2024: 6.470 Pelari Berkontribusi Kurangi 14.363 Kg Emisi CO2

KLIK24.NEWS Tangerang – PLN Electric Run 2024, PT PLN (Persero) kembali menggelar event tahunan PLN Electric Run 2024 yang berlangsung di Scientia Square Park, Gading Serpong, Tangerang pada Minggu (6/10). Acara ini diikuti oleh 6.470 peserta, yang tidak hanya berpartisipasi dalam olahraga, tetapi juga memberikan dampak nyata terhadap lingkungan dengan mengurangi emisi karbon sebesar 14.363 kilogram (kg) CO2.

Olahraga dan Keberlanjutan dalam “Power Up Togetherness”, Dengan tema ‘Power Up Togetherness’, PLN Electric Run 2024 menjadi ajang olahraga yang mengedepankan kebersamaan untuk mendukung keberlanjutan. Ribuan pelari dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat umum, komunitas pelari, hingga atlet nasional yang berlaga di PON, berlari dalam tiga kategori: 5K, 10K, dan half marathon. Kegiatan ini juga menekankan pentingnya gaya hidup sehat dan ramah lingkungan.

Darmawan Prasodjo: Lari untuk Bumi yang Lebih Hijau, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyampaikan bahwa PLN Electric Run 2024 bukan hanya sekadar acara olahraga, namun juga merupakan momentum untuk bersama-sama menjaga bumi melalui aksi nyata. “Tema ‘Power Up Togetherness’ mencerminkan semangat kebersamaan dalam menjaga bumi kita. Kami ingin mengajak seluruh peserta berlari bersama, tidak hanya demi kesehatan, tetapi juga demi masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan” ujar Darmawan.

BACA JUGA : SIM Satnight: Inovasi Satlantas Polres Kotamobagu untuk Pelayanan SIM di Malam Hari

Kontribusi Signifikan Terhadap Pengurangan Emisi, Pengurangan emisi sebesar 14.363 kg CO2 ini dicapai melalui mobilitas berlari yang tanpa emisi, jika dibandingkan dengan penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil yang menghasilkan emisi 2,4 kg CO2 per 10 kilometer. Jumlah peserta dan penurunan emisi ini meningkat dibandingkan tahun 2023, yang hanya melibatkan 5.000 peserta dengan penurunan emisi sebesar 11.880 kg CO2.

Langkah Ramah Lingkungan dan Inisiatif Hijau, PLN juga menerapkan berbagai inisiatif ramah lingkungan dalam penyelenggaraan acara ini, termasuk penggunaan genset berbasis green hydrogen, kendaraan listrik untuk operasional, serta pemberian bibit tanaman kepada peserta. Dengan langkah-langkah ini, PLN Electric Run 2024 menjadi acara pertama di Indonesia yang sepenuhnya bebas emisi.

Bantuan Motor Listrik untuk Pengemudi Ojek Online, Selain itu, nilai emisi yang berhasil dihindari dalam event ini dikonversi menjadi bantuan berupa 5 motor listrik untuk mitra ojek online kategori prasejahtera, yang disalurkan melalui GOTO. Inisiatif ini bertujuan untuk mengurangi emisi dari sektor transportasi sekaligus meningkatkan kesejahteraan penerima manfaat.

PLN Hadirkan Total Hadiah Rp730 Juta, Sebagai bentuk apresiasi kepada peserta, PLN memberikan total hadiah sebesar Rp730 juta kepada tiga pelari tercepat di setiap kategori, pelari yang berhasil memecahkan rekor nasional, dan lucky draw dengan hadiah utama berupa 5 unit motor listrik serta berbagai hadiah menarik lainnya.

BACA JUGA : Kebersamaan TNI-Polri: Polres Kotamobagu Rayakan HUT TNI ke-79 Bersama Prajurit Kipan C 713/ST

Daftar Juara PLN Electric Run 2024

Kategori Men’s Half Marathon:
1. Robi Syianturi
2. Rikki
3. Syamsuddin Massa

Kategori Women’s Half Marathon:
1. Odekta Elvina Naibaho
2. Irma Handayani
3. Pretty Sihite

Kategori Men’s 10K:
1. Pandu Sukarya
2. Iqbal Saputra
3. Tarsisius Seso

Kategori Women’s 10K:
1. Dwi Tiansi Anggraini
2. Apriliakartina
3. Fitri

Kategori Men’s 5K:
1. Febtri Putra Zega
2. Abdi Sury Algeri
3. Danu Maarif

Kategori Women’s 5K:
1. Angellika
2. Aprilia Ena Solenita Savelinda Nabunome
3. Fisnawati

Dengan berakhirnya acara yang dimeriahkan oleh penampilan band GIGI, PLN Electric Run 2024 sukses menjadi simbol kolaborasi antara olahraga, hiburan, dan upaya keberlanjutan untuk masa depan yang lebih hijau.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *