PLN (Persero) Menjamin Kesiapan Infrastruktur Pengisian Daya Kendaraan Listrik Selama Masa Mudik Lebaran 1445 H

Pengguna kendaraan listrik yang menggunakan fitur Electric Vehicle pada aplikasi PLN Mobile untuk melakukan charging di SPKLU.

KLIK24.NEWS Jakarta – PT PLN (Persero) telah memastikan bahwa infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik siap digunakan selama masa mudik Lebaran tahun 1445 H. Sebanyak 1.124 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) akan disiagakan di seluruh Indonesia untuk melayani para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

BACA JUGA : Mengenang Keistimewaan Itikaf: Menyepi dalam Ketenangan Ramadan

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menyatakan bahwa PLN terus berkomitmen untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di tanah air. PLN bersama mitra telah menyiapkan SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan tambahan 100 unit SPKLU di jalur mudik utama seperti tol Trans Sumatra-Jawa.

Sebanyak 1.124 unit SPKLU yang tersebar di Indonesia disiagakan untuk memfasilitasi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

PLN telah menempatkan unit SPKLU pada beberapa titik utama arus mudik di Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, hingga Papua. Bahkan, tol Trans Sumatra-Jawa akan didukung oleh total 168 unit SPKLU. Darmawan menekankan bahwa PLN telah memetakan dengan cermat sebaran SPKLU tersebut, dengan rata-rata jarak antar SPKLU sekitar 23 km, yang aman untuk melayani kebutuhan kendaraan listrik.

Selama masa siaga ini, PLN juga mengerahkan 3.504 pegawai yang akan stand by selama 24 jam nonstop di SPKLU tersebar. SPKLU mobile juga telah disiapkan untuk melayani pengguna kendaraan listrik di lokasi yang belum terjangkau SPKLU konvensional.

Ilustrasi penggunaan fitur Electric Vehicle pada aplikasi PLN Mobile di salah satu Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Selain SPKLU, PLN juga menyiapkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk kendaraan listrik roda dua, dengan total 1.839 unit SPBKLU di seluruh Indonesia.

Ari Dartomo, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo), menyampaikan bahwa pihaknya terus mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik dengan bekerja sama dengan berbagai pihak, stakeholder, dan provider kendaraan listrik.

Petugas PLN tengah melakukan instalasi dan integrasi sistem pada SPKLU di rest area 389 B, Kendal, Jawa Tengah.

PLN juga telah menyiagakan 9.771 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk pengisian daya motor listrik. Titik-titik rinci lokasi SPKLU, SPBKLU, dan SPLU dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile.

BACA JUGA : Festival Ramadhan Pegadaian Kantor Area Gorontalo Resmi Ditutup dengan Sukses di Kota Kotamobagu

Untuk kenyamanan pelanggan, PLN menyediakan Kanal Pengaduan Layanan 24 Jam 7 Hari yang dapat dihubungi melalui Contact Center 123 dan WhatsApp 087771112123. Dengan langkah-langkah ini, PLN memastikan bahwa infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik siap melayani para pemudik selama masa mudik Lebaran, menjadikan perjalanan mereka lebih nyaman dan lancar.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *