Rayakan HUT RI Ke-79, Donasi Pegawai PLN Nyalakan 7.357 Listrik Gratis bagi Keluarga Kurang Mampu

Kapolda Aceh Irjen Pol. Achmad Kartiko, S. I. K., M. H (tengah) bersama General Manager PLN Unit Induk Distribusi Aceh Mundhakir (kiri) dan Keuchik atau Kepala Desa Ulee Lheue Alfian (kanan) menyalurkan bantuan penyambungan listrik dalam program Light Up The Dream bagi masyarakat kurang mampu di Banda Aceh.

KLIK24.NEWS Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, PT PLN (Persero) melalui program ‘Light Up The Dream’ sukses memberikan sambungan listrik gratis kepada 7.357 keluarga kurang mampu sepanjang tahun 2024. Dengan penambahan ini, total keluarga yang telah dibantu oleh program tersebut mencapai 24.451 keluarga.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa program ‘Light Up The Dream’ adalah bentuk kepedulian dari insan PLN yang menyisihkan donasi untuk membantu masyarakat kurang mampu agar dapat menikmati listrik secara mandiri. Program ini merupakan hasil dari penggalangan dana yang dilakukan oleh para pegawai PLN untuk membantu biaya penyambungan listrik bagi keluarga yang membutuhkan.

“Menyambut Hari Kemerdekaan, seluruh insan PLN dari berbagai daerah serentak berbagi kebahagiaan dengan memerdekakan saudara-saudara kita yang belum menikmati listrik secara mandiri. Semoga hadirnya listrik ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Darmawan.

BACA JUGA : Upacara Peringatan HUT RI ke-79 Berjalan Khidmat, PLN Sukses Jaga Keandalan Listrik

Direktur Legal dan Manajemen Human Capital PLN, Yusuf Didi Setiarto, memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pegawai PLN yang berdonasi dalam program ini. Didi menilai bahwa program seperti ‘Light Up The Dream’ sangat membantu masyarakat untuk bergerak menuju kehidupan yang lebih maju dan modern.

“PLN berupaya membawa masyarakat dari peradaban yang remang menuju peradaban modern yang terang. Oleh karena itu, peran insan PLN dalam program ini harus diteruskan. Terima kasih atas kerja keras dan konsistensi semua pihak yang menginisiasi,” kata Didi.

General Manager PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia (kiri) bersama Kapolres Sumedang AKBP Joko Dwi Harsono, S.I.K., M.Hum. (kanan), menyerahkan bantuan program Light Up The Dream kepada warga Sumedang, Apep (dua dari kiri) yang berprofesi sebagai pengrajin tembakau.

Ia juga menambahkan bahwa upaya menerangi seluruh Indonesia bukanlah hal yang mudah, terutama mengingat tantangan geografis yang dihadapi di negara kepulauan seperti Indonesia.

“Menangani negara kepulauan seperti ini tidaklah mudah. Yang terbaik adalah bagaimana kita membantu mengisi ruang kosong. Itulah sejatinya insan sejati PLN, hadir memberikan kontribusi terbaik untuk membantu rakyat kecil,” tambah Didi.

BACA JUGA : Pj. Wali Kota Kotamobagu Abdullah Mokoginta Pimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 di Kotamobagu

Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti, menambahkan bahwa program ‘Light Up The Dream’ menjadi langkah mulia dari insan PLN untuk membantu masyarakat mendapatkan akses listrik. Sejak dimulai pada tahun 2020, program ini telah membantu puluhan ribu keluarga kurang mampu untuk turut menikmati listrik.

“Semoga program ini semakin meningkatkan jumlah masyarakat yang menikmati listrik, sesuai dengan sila ke-5, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ungkap Edi.

Hasbia (45), seorang warga Kota Makassar yang berjuang menghidupi tiga anaknya, merasa sangat terbantu dengan sambungan listrik gratis dari PLN. Sebelumnya, ia harus membayar Rp 100 ribu per bulan untuk menyalur listrik dari tetangganya. Kini, setelah mendapatkan sambungan listrik gratis, ia hanya perlu mengeluarkan Rp 20 ribu per bulan untuk membeli token listrik.

“Terima kasih saya ucapkan kepada PLN atas bantuan pemasangan listrik secara gratis. Berkat listrik ini, saya sangat terbantu dalam kehidupan kami,” ungkap Hasbia dengan suara terbata sambil menyeka air mata tanda haru dan bahagia.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *