Dekranasda Boltim menggelar Kegiatan Penilaian Sayembara Desain Batik Khas Boltim

KLIK24.NEWS Boltim – Dekranasda Boltim menggelar Kegiatan, Ny Seska Ervina Budiman Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melaksanakan kegiatan tahap penjurian sayembara desain batik tulis khas Boltim di lantai satu kantor Bupati Boltim, Selasa (04/07/2023).

Penjurian sayembara desain batik tulis khas Boltim di ikuti enam peserta dari berbagai utusan dan berikut daftar pemenang sayembara batik yaitu. Pemenang Pertama Irwandi Mamonto, Pemenag Kedua Ilham Mamonto, Pemenag Ketiga Noprisia Pulu, Pemenang Keempat Suhendro Paputugan, Pemenang Kelima Rio Alfareza dan Pemenang Keenam Murni Charistina Purba.

Adapun hadiah pembinaan yang di berikan kepada keenam peserta desain batik sebagai berikut, Pemenag pertama mendapatkan uang pembinaan sebesar 10Jt dan Pemenang Kedua hingga Enam masing-masing mendapatkan uang pembinaan sebesar 2Jt.

Dan yang bertindak sebagai juri pada kegiatan penjurian hasil desain para peserta sayembara yaitu, Kepala Dinas Pendidikan Yusri Damapolii S.Pd, Mm, Andi Ayub Mangoli dan Chairum Mokoginta.

Seska saat menyampaikan sambutannya, megatakan bahwa kegiatan sayembara Batik Khas Daerah Merupakan wujud nyata Dekranasda Boltiim dalam melestarikan Budaya lewat Kerajinan.

“Sebagai salah satu tugas dan fungsi Dekranas untuk menggali serta melestarikan warisan tradisi dan Budaya Bangsa yang tercermin pada berbagai produk kerajinan, maka Dekranasda Boltim mengadakan sayembara batik khas Daerah,”katanya.

Lanjut Seska, tujuan darii penyelenggaraan sayembara ini adalah untuk menggali ide kreatif dari seluruh lapisan masyarakat Boltim

“Lomba desain batiik ini merupakan ajang untuk menggali ide kreatif dari para seniman, pemerhati batik serta pelaku usaha dan masyarakat dalam menghasilkan karya desain motif batik khas Boltim,”ucapnya.

Ketua Dekranasda Boltim Berharap desain yang diisajikan oleh peserta mengusung kearifan lokal.

“Melalui kegiatan ini kami berharap akan diperoleh design motif batik yang menari, elegan dan bernilai seni yang mengambil sumber inspirasi yang mengusung kearifan lokal Kabupaten Boltim,”harapnya. (Aji)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *