Rayakan Hari Statistik Nasional 2024: “Statistik Berkualitas, Kunci Menuju Indonesia Emas 2045

KLIK24.NEWS Jakarta – Setiap tahun, pada tanggal 26 September, Indonesia memperingati Hari Statistik Nasional (HSN). Tahun ini, Badan Pusat Statistik (BPS) mengusung tema “Statistik Berkualitas untuk Indonesia Emas”, menegaskan pentingnya data dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, sebuah visi yang mengusung Indonesia sebagai “Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan”.

BACA JUGA : Dorong Inovasi Bisnis dan Peningkatan Layanan, PLN UID Suluttenggo Gelar 2024

Dalam sambutannya, Plt. Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, menyatakan bahwa kualitas statistik dan data sektoral sangat penting sebagai landasan bagi kebijakan yang akurat dan perencanaan pembangunan yang tepat sasaran. “Untuk mewujudkan Indonesia Emas, penting bagi kita untuk mengandalkan statistik berkualitas dan data sektoral yang akurat dalam mendukung kebijakan dan perencanaan,” ujarnya.

BPS tidak hanya menghasilkan data, tetapi juga membina kementerian/lembaga lainnya dalam menghasilkan statistik sektoral yang berkualitas. Upaya ini dimulai sejak awal 2024 dan merupakan bagian dari amanat Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Pembinaan ini didasari oleh Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS), yang bertujuan untuk mengukur capaian penyelenggaraan statistik di setiap instansi pemerintah, baik di pusat maupun daerah.

BACA JUGA : Industri Listrik Lahendong Dorong Pertumbuhan Penerimaan Pajak Agustus 2024

Dengan data yang akurat dan berkualitas, pengambilan keputusan dalam pembuatan kebijakan dapat lebih tepat sasaran, mendukung pembangunan berkelanjutan menuju Indonesia Emas 2045.

Selamat Hari Statistik Nasional 2024! Mari tingkatkan kualitas statistik di setiap lini untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *